Berita Hulu Sungai Utara

Warga Sungai Durait Hulu Berharap Mesin Pembuat Teh yang Lebih Canggih

Warga Desa Sungai Durait Hulu Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) memiliki produksi lokal yaitu Durait Tea.

Warga Sungai Durait Hulu Berharap Mesin Pembuat Teh yang Lebih Canggih
banjarmasin post group/ reni kurniawati
pembuat teh 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Warga Desa Sungai Durait Hulu Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) memiliki produksi lokal yaitu Durait Tea. Durait Tea merupakan teh yang dibuat dari daun mangga.

Pasalnya Kecamatan Babirik dikenal sebagai penghasil buah mangga. Hal ini disebabkan hampir seluruh warga memiliki buah mangga baik dihalaman rumah atau di kebun mereka.

Buah mangga khas Babirik biasa dikenal dengan asam hambuku, seperti buah mangga pada umumnya yang menguning saat mulai matang.

Baca: Siaran Langsung SCTV : Live Streaming Opening Ceremony Asian Games 2018 via Streaming Vidio.com

Namun meskipun sudah matang asam hambuku memang masih memiliki rasa asam dan sedikit manis. Justru inilah yang menjadi khas dari asam hambuku, karena dengan rasa asam yang segar justru membuat tidak bosan dan selalu ingin makan lagi.

Daun mangga diyakini memiliki berbagai khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Pembuatannya masih menggunakan peralatan yang sederhana. Seperti untuk merekatkan kantong tehny yang masih menggunakan alat siller kecil sehingga hanya bisa merekatkan dua buah setiap kali pakai. Jika pemesanan banyak bisa membuat ratusan kantong teh mmerlukan waktu yang sangat lama.

Baca: Kata-Kata Mutiara Pas Dikirimkan Saat Idul Adha 2018 Untuk Kerabat dan Teman

Pembuatan teh daun mangga yang diberi nama Durait tea ini dikelola oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Kenanga yang beranggotakan 12 orang dan dibina oleh pihak kecamatan. Ariani salah satu pengelola mengatakan proses pembuatan teh daun mangga memang tidak begitu sulit.

Namun perlu ketelatenan mengingat peralatan yang dimiliki bukan untuk produksi jumlah besar. Layaknya teh celup pada umumnya, Durait Tea juga dikemas dalam kantong teh sehingga yang ingin menikmati tinggal menyeduh dengan air panas.

"Kami berharap mendapatkan peralatan yang lebih canggih sehingga jika memproduksi dalam jumlah banyak lebih mudah, jika menggunakan keuntungan masih sangat sulit karena keuntungan hanya cukup untuk anggota danbuang kas," ungkapnya.

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) MNCTV Liga Inggris Pekan 2, Tottenham vs Fulham Mulai Pukul 21.00 Wib

Proses pembuatannya dimulai dengan mengumpulkan daun mangga muda, dicuci kemudian dibuang tulang daunnya. Membuang tulang daun sekaligus digunting ukuran yang kecil kecil, dan dijemur.

Untuk penjemuran tidak dibawah matahari langsung karena jika terkena matahari langsung warnanya akan coklat bahkan menghitam. Menjemur daun mangga biasanya hanya diteras rumah tetap terkena hawa panas hingga daun menjadi kering. Jika cuaca panas penjemuran biasanya memerlukan waktu sekitar tiga hingga empat hari.

Halaman
12
Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved