Gempa Lombok

Gempa 6,5 SR Kembali Guncang Lombok, BNPB Sebut Terjadi Kerusakan di Wilayah Ini

Gempa pertama dengan kekuatan 5,4 SR terjadi pada pusat gempa 25 km timur laut Lombok Timur

Gempa 6,5 SR Kembali Guncang Lombok, BNPB Sebut Terjadi Kerusakan di Wilayah Ini
Dok ACT
Tim Emergency Response ACT di lokasi gempa Lombok. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, DENPASAR - Gempa susulan kembali mengguncang wilayah Lombok.

Seperti dikutip Tribun Bali dari siaran pers yang dirilis oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, BMKG melaporkan telah terjadi gempa susulan yang dirasakan terjadi 2 kali yaitu 5,4 SR dan 6,5 SR.

Gempa pertama dengan kekuatan 5,4 SR terjadi pada pusat gempa 25 km timur laut Lombok Timur dengan kedalaman 10 pada Minggu (19/8/2018) pukul 10.06 WIB.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Indosiar Bulutangkis Asian Games 2018 Hari Ini : Tim Putri Indonesia Main

Kemudian gempa kedua dengan kekuatan 6,5 SR dengan episentrum 32 km timur laut Lombok Timur NTB pada kedalaman 10 km pada 19/8/2018 pukul 11.06 WIB. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Posko BNPB telah melakukan analisis dan konfirmasi dampak gempa Lombok ke BPBD.

"Guncangan gempa dirasakan keras selama 4-8 detik dirasakan di Kabupaten Lombok Timur, Lombok Utara, Lombok Barat dan Lombok Tengah. Guncangan sedang selama 4-6 detik dirasakan di Kota Mataram, Kota Denpasar, Jembrana, Karangasem, Badung, Gianyar, Bangli, Tabanan, Klungkung dan Buleleng," ujar Sutopo dalam siaran pers yang dikutip Tribun Bali.

Baca: Gempa Bermagnitudo 5,4 dan 6,5 Kembali Guncang Lombok

Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah atau tenda pengungsian di Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Lombok Barat. Belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa akibat gempa.

Guncangan paling keras dirasakan di Lombok Timur. Masyarakat di Sembalun Lombok Timur, yang sedang bekerja di kebun dan berkendara motor di jalan, segera berlarian mencari tempat aman.

Mereka meninggalkan kebun dan sepeda motornya. Berkumpul di tempat aman.

Berdasarkan laporan Babinsa beberapa kerusakan rumah dan bangunan di Desa Korleko Selatan seperti menara Masjid Babussalam Dusun Lembak Daya Kecamatan Sembalun. 2 kios depan kantor Desa Madaen roboh.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved