Haji 2018

Persiapan Wukuf, Petugas PPIH Lakukan Ini untuk Jamaah Calon Haji Banua

Berbagai persiapan dilakukan untuk memastikan kegiatan wuquf berlangsung aman, lancar dan hidmat sehingga jamaah menjadi haji maqbul dan mabrur

Persiapan Wukuf, Petugas PPIH Lakukan Ini untuk Jamaah Calon Haji Banua
is
Petugas KPHI sedang melakukan pengawasan terhadap petugas PPIH bagian LINJAM. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pantauan menjelang Wuquf sebagai puncak kegiatan puncak haji, jamaah sudah mulai sibuk mempersiapkan wuquf di Arofah, begitu juga petugas PPIH.

Berbagai persiapan dilakukan untuk memastikan kegiatan wuquf berlangsung aman, lancar dan hidmat sehingga jamaah menjadi haji maqbul dan mabrur.

"Jemaah Calon Haji pun sibuk mempersiapkan Sholat Idul Adha dan melakukan ibadah qurban," kata Mukhtadi, Konsultan Pengawas Haji KPHI.

Baca: Bagi yang Tak Berhaji Disunahkan Puasa Arafah 9 Dzulhijjah, Ini Tata Cara dan Niatnya

Dikatakan Mukhtadi, KPHI melakukan peninjauan pada 18 Agustus 2018 lalu Arapah, Muzdalifah dan Mina tempat rangkaian wukuf, mabit dan lontar jumroh. "Suasananya masih sangat lengang, disinilah jamaah haji akan wukuf di Arafah," katanya.

Setelah wukuf, papar dia, begitu tenggelamnya matahari jemaah akan bergerak ke Muzdalifah dan mengambil batu untuk Lontar Jumroh lalu setelah jam 12 malam bergerak ke Mina untuk mabit. "Ada sejumlah rakaian lagi sampai sah hajinya dan tinggal menunggu kepulangan," jelas Muzdalifah.

Baca: Selama di Mina Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin Gunakan Alat Pelindung Diri

KPHI, lanjut dia, juga melakukan pengawasan terhadap petugas PPIH di bagian Perlindungan Jamaah kalau ada hal-hal yang menonjol terkait perlindungan keamanan jamaah maupun barang-barang jamaah. "Dari hasil pengamatan tersebut ternyata ada koper jamaah yang pengangkutannya dari bandara Jeddah ke hotel terpisah dengan jamaah, hal ini disebabkan penerapan sistim biometrik dan fastrek yang tidak diikuti oleh sistim lainnya," ungkap dia.

Baca: Jelang Wukuf, Calon Jemaah Haji Diminta Makan dan Minum Cukup

Pada 15 Agutus 2018 pukul 20.00 waktu Arab Saudi jamaah telah dilaksanakan malam Taaruf, yang dihadiri oleh Mentri Agama, Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Ketua KPHI, Ketua Komisi 8 dan anggota DPR RI, Wakil Ketua DPR, BPK Dirjen Urusan Haji dan yang lainnya.

"Mentri Agama dalam pengarahannya meminta agar petugas PPIH harus dapat melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan berpesan agar jamaah calon haji dapat menunaikan tugas dengan baik dan benar agar maqbul dan mabrur," kata Mukhtadi.

Di malam taaraf ini juga, ucap dia, sebagai sarana untuk silaturrakhim dan menyatukan tekad untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para jamaah calon haji.(*/didik)

Penulis: Didik Trio
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved