Tajuk

Hiburan (Ala) Jokowi

PESTA akbar olahraga se-Asia (Asian Games) 2018 telah dibuka di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (18/7).

Hiburan (Ala) Jokowi
twitter NETTV
Jokowi Naik Moge di Opening Ceremony Asian Games 2018 

BANJARMASINPOST.CO.ID - PESTA akbar olahraga se-Asia (Asian Games) 2018 telah dibuka di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (18/7). Kita tentu patut gembira, lantaran perhelatan akbar itu dilakukan sehari setelah republik ini merayakan hari kemerdekaannya yang ke-73.

Indonesia sebagai tuan rumah tentu menaruh harapan besar. Setidaknya bisa mengulang kesuksesan yang pernah diraih 56 tahun silam.

Berbagai pertandingan dan lomba mulai dilakukan Minggu (19/7). Kabar gembira sudah dipersembahkan atlet Indonesia di cabang wushu yang meraih medali perak

Ada yang menarik dari pembukaan pesta olahraga terakbar setelah Olimpiade ini. Jelang pembukaan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang mengenderai sepeda motor. Sesuai yang telah di-setting, Jokowi yang awalnya menumpang mobil RI-1 terjebak macet menuju stadion GBK Senayan. Jokowi lalu ke luar dari mobil dan menaiki sepeda motor gede. Sejumlah paspampres mengiringi di belakang juga mengendarai sepeda motor khusus.

Tidak jarang –seperti yang digambarkan dalam video– Jokowi meliuk-liuk mencari celah di antara mobil-mobil yang terjebak macet. Bahkan, Jokowi layaknya seperti seorang freestyler, memperlihatkan kebolehannya mengendarai sepeda motor saat melakukan pengereman. Puncaknya, Jokowi yang digambarkan dalam video melakukan jumping sebelumnya akhirnya meluncur menuju stadionn GBK dan langsung memasuki tribun VVIV dan duduk di samping ibu negara; Iriana Joko Widodo.

Atraksi tak biasa Jokowi itu mengundang kekaguman banyak orang. Meski kemudian diketahui, ada peran pengganti (stuntman) yang memerankan atraksi Jokowi melakukan freestyle yakni freestyler asal Thailand.

Toh, apa yang dilakukan Jokowi itu menjadi sebuah hiburan yang menarik, setidaknya, bagi kita semua yang menyaksikan tiap rangkaian perjalanan Presiden Jokowi lewat video itu. Terlepas siapa sejatinya orang yang melakukannya, kita harus katakan bukan persoalan.

Terlepas dari momen olahraga itu, apa yang ditampilkan Jokowi sebagai presiden tentu menjadi cerita lain ketika dibetot ke ranah lain. Bagi orang awam, tentu melihat apa yang dilakukan Jokowi sebagai hal yang mengagumkan/mengibur, tapi tak demikian bagi mereka yang melihatnya dari kacamata politik.

Suka tidak suka, yang dilakukan Jokowi itu tentu tak bisa dilepaskan dari strategi (siasat) politik. Sekecil apapun bentuk dari sebuah perbuatan, pastinya bakal sarat oleh nuansa lain yang dilihat secara kasat mata.

Tidak salah jika kemudian ada pihak yang mencermati gaya Jokowi itu sengaja mencitrakan diri sebagai sosok (milenial) lain. Apapun sangkaan orang, toh yang dilakukan Jokowi itu bukan sesuatu yang salah. Dia bisa menempatkan dirinya di mana saja dan sebagai siapa saja.

Hanya memang, konstelasi politik jelang pemilihan presiden selalu melahirkan banyak sangkaan. Tapi, apapun sangkaannya, Jokowi telah memberikan hiburan menarik buat banyak orang di negeri ini! (*)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved