Kalteng

Kampanye Perlindungan Orangutan Menarik Perhatian Warga Palangkaraya

Spontan kegiatan tersebut langsung jadi perhatian masyarakat setempat, yang melakukan olahraga untuk melihat foto dan boneka yang dipajang

Kampanye Perlindungan Orangutan Menarik Perhatian Warga Palangkaraya
tribunkalteng.com/faturahman
Kampanye perlindungan orangutan di Bundaran Besar Palangkaraya, Kalteng 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Upaya memberikan perlindungan orangutan terus dilakukan oleh lembaga pecinta binatang yang menjadi icon Kalteng. Salah satunya yang dilakukan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalteng dan Lembaga lainnya.

Kegiatan kampanye perlindungan terhadap satwa dilindungi tersebut dilakukan, Minggu (19/8/2018) di area car free day (CFD) Bundaran Besar Palangkaraya, dengan menampilkan sejumlah foto dan boneka orangutan.

Spontan kegiatan tersebut langsung jadi perhatian masyarakat setempat, yang melakukan olahraga untuk melihat foto dan boneka yang dipajang di tenda yang dibangun untuk memperingati Hari Pelestarian Orangutan se Dunia.

Yuli, salah satu warga Palangkaraya, mengharapkan, agar orangutan yang ada di Kalimantan Tengah, tetap dijaga dan dilestarikan sehingga bisa diketahui oleh anak cucu kedepannya."Harus dilestarikan agar anak cucu kita tau binatang itu,"ujarnya, Senin (20/8/2018).

Baca: Link Live Streaming Indosiar Badminton Asian Games 2018 Indonesia vs Korsel Senin (20/8) 09.00 WIB

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) SCTV Timnas U-23 Indonesia vs Hong Kong Asian Games 2018 Malam ini

Sementara itu, upaya rehabilitasi dan pelepasliaran orangutan Kalteng pun terus dilakukan oleh BKSDA Kalteng dan lembaga terkait lainnya. Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah, Adib Gunawan, mengatakan, kerja konservasi adalah pekerjaan yang membutuhkan waktu panjang dan partisipasi dari semua pihak terkait.

BKSDA Kalimantan Tengah terus bekerja sama dengan berbagai pihak juga Yayasan Borneo Orangutan Survival ( BOS ) untuk melestarikan dan melepasliarkan orangutan hasil rehabilitasi yang selama ini ditampung di Yayasan BOS, juga melakukan kampanye perlestarian orangutan.

"Semua orang selayaknya terlibat dalam upaya konservasi sumber daya alam. Satwa liar sebagai bagian dari sumber daya alam hayati berperan aktif dalam menjaga kualitas hutan," ujarnya.

Dia mengungkapkan, orangutan, jenis kera besar satu-satunya di Asia (orangutan) sangat penting bagi konservasi habitat." Kita wajib menjaga serta melindungi hutan kita juga termasuk yang ada di dalamnya,"ujarnya. (www.banjarmasinpost co.id /faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved