Kain Kuning Pada Tempat Dianggap Sakral

Pemasangan Kain Kuning Pada Tempat yang Dianggap Sakral di Kalsel, Ini Kata Dosen Sosiologi

Keberadaan kain kuning biasanya terdapat pada makam-makam ulama, atau makam orang-orang yang dianggap mulia. Selain itu juga ada di pepohonan.

Pemasangan Kain Kuning Pada Tempat yang Dianggap Sakral di Kalsel, Ini Kata Dosen Sosiologi
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Kain kuning yang terdapat pada satu kuburan yang dianggap keramat oleh warga 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Penggunaan kain kuning seringkali dianggap keramat oleh sebagian orang. Tak sedikit beberapa situs atau tempat yang biasanya ada kain kuning terlihat.

Ternyata, penggunaan kain kuning ini sudah sejak dulu turun temurun dimanfaatkan. Hal itu karena kepercayaan masyarakat pada tempat atau situs yang dianggap keramat.

Keberadaan kain kuning biasanya terdapat pada makam-makam ulama, kubah, atau makam orang-orang yang dianggap mulia. Selain itu juga ada di pepohonan.

Dosen mata kuliah masyarakat dan kebudayaan Kalimantan prodi sosiologi FKIP Universitas Lambung Mangkurat  ULM), Nasrullah menyampaikan kegunaan kain kuning dipercaya oleh masyarakat untuk sesuatu yang sakral.

Baca: Doa Buka Puasa Sunah Tarwiyah Senin 8 Dzulhijjah 1439 H atau 20 Agustus 2018 Jelang Idul Adha 2018

Baca: Niat Puasa Tarwiyah, Senin 8 Dzulhijjah 1439 H atau 20 Agustus 2018 Jelang Idul Adha 2018

Namun juga ada penjelasan secara antropologi dan saintis dalam penggunaan kain kuning itu.

Dosen mata kuliah masyarakat dan kebudayaan Kalimantan prodi sosiologi FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Nasrullah
Dosen mata kuliah masyarakat dan kebudayaan Kalimantan prodi sosiologi FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Nasrullah (ist)

Sepengetahuannya, pada kepercayaan khususnya di Kalimantan, kain kuning biasanya diletakkan di makam keramat atau makam ulama atau makam orang yang dimuliakan. Pada beberapa tempat, kain kuning juga bisa didapati di pohon-pohon.

"Kain kuning ini biasanya diletakkan masyarakat untuk situs atau tempat keramat. Bisa makam orang yang dimuliakan. Bisa juga pepohonan seperti yang sering dijumpai di pinggiran Sungai Barito. Disana banyak pohon yang dipasang kain kuning," jelas Nasrullah.

(Banjarmasinpost.co.id/ Isti Rohayanti) 

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help