Kain Kuning Pada Tempat Dianggap Sakral

Ternyata Ini Pesan dan Alasan Kenapa Kain Kuning Sering Dipasang di Suatu Tempat

Secara logis, ia menerangkan, penggunaan kain kuning juga dimaksudkan untuk menjaga sistem ekologi atau lingkungan.

Ternyata Ini Pesan dan Alasan Kenapa Kain Kuning Sering Dipasang di Suatu Tempat
Istimewa
ilustrasi pohon yang ada kain kuning 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA- Kain kuning seringkali digunakan pada tempat-tempat sakral, entah itu makam orang yang dimuliakan atau pepohon yang dianggap keramat oleh masyarakat.

Namun rupanya ada pesan tersendiri yang ingin disampaikan oleh orang dahulu kepada masyarakat.

Dijelaskan oleh Dosen mata kuliah masyarakat dan kebudayaan Kalimantan prodi sosiologi FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Nasrullah, ada pesan yang tersirat dalam penempatan kain kuning itu. Yakni bahwa tempat itu harus dijaga.

Secara logis, ia menerangkan, penggunaan kain kuning juga dimaksudkan untuk menjaga sistem ekologi atau lingkungan. Sebagaimana ketika kain kuning di tempatkan pada pohon.

Baca: Niat Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah Jelang Idul Adha 2018 dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Artinya pohon tersebut jangan diganggu. Selain itu biasanya yang diberi kain kuning kebanyakan merupakan pohon besar. Sehingga ada penyampaian agar pohon itu jangan ditebang.

Ia mengatakan ada pula penempatan kain kuning yang sama sekali tidak tahu apa atau siapa isinya. Sebagaimana di pohon, masyarakat kadang tidak mengetahui apa petuah pohon itu. Namun apabila ada yang memulai meletakan kain kuning. Maka ada kemungkinan masyarakat lain juga mengikuti.

"Ketika kain kuning itu diletakan di pohon, ada pesan orang terdahulu yang jarang diketahui. Jadi bukan hanya sekadar pohon itu sakral, melainkan juga agar pohon itu jangan diganggu sehingga lingkungan tetap terjaga," terang Nasrullah.

Baca: Jadwal Siaran Langsung SCTV Timnas U-23 Indonesia vs Hongkong Asian Games 2018 Senin Malam Ini

Ia pun juga menyampaikan keberadaan kain kuning di pohon bisa juga karena ada satu masyarakat yang bernazar untuk meletakan kain kuning tersebut. Namun bukan karena bernazar pada pohonnya. Melainkan karena niat dari penazar untuk meletakan kain kuning di pohon.

(Banjarmasinpost.co.id/ Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help