Berita Tanahlaut

Warga Martapura Memilih Beli Sapi di Pelaihari, Ini Alasannya

Warga Martapura Memilih Beli Sapi di Pelaihari. Tepatnya di Pasar Hewan Pelaihari, Jalan Pasar Hewan, Kelurahan Saranghalang.

Warga Martapura Memilih Beli Sapi di Pelaihari, Ini Alasannya
istimewa
Suasana Pasar Hewan Pelaihari, Kelurahan Saranghalang, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanahlaut, Selasa (20/8/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Haji Nasir menunggu mobil pikap angkutan hewan yang biasa mangkal di Pasar Hewan Pelaihari, Jalan Pasar Hewan, Kelurahan Saranghalang, Kecamatan Pelaihari, Senin (20/8/2018).

Warga Desa Keliling Benteng Ulu, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar ini, tidak sendirian. Nasir datang bersama tiga temannya dari Kabupaten Banjar.

Baca: Medali Emas dari Eko Yuli di Asian Games 2018, Capaian Terbaik Indonesia di Abad 21

Menurut Nasir, berbelanja hewan ternak jenis sapi atau kambing di Pasar Hewan Pelaihari itu karena banyak pilihannya.

Tidak beli hewan ternak di wilayah Desa Keliling Benteng Ulu dan sekitarnya karena tidak banyak pilihan dan harga beli lebih mahal.

"Kalau di Pasar Hewan Pelaihari banyak pilihan. Harganya Rp 11 juta. Selisih dua juta rupiah kalau beli di kampung," katanya.

Baca: Siapkan Tim Khusus di Pilpres 2019, Facebook Akan Filter Informasi yang Beredar Soal Capres-Cawapres

Sekitar 10 ekor sapi yang dibeli Nasir untuk kegiatan ibadah kurban di sekitar Desa Keliling Benteng Ulu, Martapura Barat Kabupaten Banjar.

Nasir mengaku setiap tahun membeli hewan kurban di Pasar Hewan Pelaihari. Itu karena harganya tidak mahal dan banyak pilihan.

Menurut Nasir, warga Desa Keliling Benteng Ulu mengadakan arisan kurban. Setiap bulan anggota arisan kurban dipungut Rp 150 ribu. Anggotanya sekitar 200 orang.

Baca: Bacaan Niat dan Panduan Mandi Hari Raya Idul Adha 2018 Dalam Bahasa Arab dan Artinya

Membeli sapi di Pasar Hewan dipastikan aman karena kesehatan hewan diperiksa dokter hewan yang disiapkan pengelola Pasar Hewan Pelaihari.

Pasar Hewan Pelaihari adalah unit teknis pelayanan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tanahlaut.

Di lokasi Pasar Hewan Pelaihari itu bergerak ekonomi kerakyatan karena warga yang bertetangga dengan Pasar Hewan Pelaihari membuka warung makanan dan minuman serta lokasi parkir roda dua dan roda empat.

(banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help