Berita Regional

Dao Mening, Nama Baru Menteri Susi Pudjiastuti dari Suku Dayak Kenyah di Kalimantan

Susi Pudjiastuti diberi nama baru oleh Suku Dayak Kenyah Kerukunan Tebengang Lung, Kalimantan Timur, Kamis (23/8/2018).

Dao Mening, Nama Baru Menteri Susi Pudjiastuti dari Suku Dayak Kenyah di Kalimantan
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat menghadiri pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Solo, Rabu (8/11/2017).(Kompas.com/Ariska Anggraini) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Susi Pudjiastuti diberi nama baru oleh Suku Dayak Kenyah Kerukunan Tebengang Lung, Kalimantan Timur, Kamis (23/8/2018).

Nama baru Menteri Kelautan dan Perikanan RI itu adalah Dao Mening yang berarti matahari cerah dan memiliki hati yang bersih.

Keanggotaan Susi dilantik langsung oleh Dewan Pembina dan Pimpinan Kerukunan Dayak Tebengang Lung.

Dewan Pembina Kerukunan Tebengang Lung Martin Bila mengatakan jika Susi adalah menteri yang pantas diangkat menjadi warga adat Dayak lantaran kecintaannya dengan suku asli Kalimantan tersebut.

Terbukti, Susi berusaha membangun perekonomian kelautan di pedalaman hingga menyentuh suku Dayak di pedalaman.

Tidak hanya itu, Susi bahkan senang mengenakan baju adat Dayak yang dibuktikan pada saat Upacara Peringatan HUT RI Ke-73 pada 17 Agustus 2018 lalu di Istana Merdeka.

"Ibu Susi memiliki jiwa yang bersih. Karena itu kami beri nama Dao Mening. Hati dan jiwanya sungguh-sungguh nasionalis, tidak hanya bekerja di Kabinet RI, tapi juga bergerilya hingga ke pedalaman dan menyentuh Suku Dayak Kalimantan," ujarnya.

Martin menyebut, pengangkatan Susi bersamaan dengan perayaan Musyawarah Besar Kerukunan Tebengang Lung.

Acara tersebut dihadiri oleh ribuan warga adat Dayak Kenyah dari dua negara, Indonesia dan Malaysia di Gedung Convention Hall Samarinda.

"Ibu Susi juga didaulat menjadi tamu kehormatan.

Dengan pelantikan ini Ibu Susi resmi menjadi warga adat Dayak Kenyah asli Kalimantan," katanya. Sementara itu, Susi menyambut nama barunya dengan gembira. "Terima kasih banyak, dan saya bersyukur," sebutnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menteri Susi Diangkat Jadi Warga Adat Dayak Kenyah, Diberi Nama Dao Mening"

Editor: Rendy Nicko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved