Berita Kabupaten Banjar

Idul Adha 2018, Tercatat 602 Hewan Kurban Dipotong di Kabupaten Banjar

Khusus di Martapura, ada beberapa tempat yang menggelar proses ibadah kurban tersebut. Di antaranya Masjid Al Karomah

Idul Adha 2018, Tercatat 602 Hewan Kurban Dipotong di Kabupaten Banjar
Isti Rohayanti
Kepala Bidang Peternakan Dinas Peternakan dan Pekebunan Kabupaten Banjar, Mahdalena. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - H2 Hari raya Idul Adha 2018, sejumlah tempat masih menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban.

Khusus di Martapura, ada beberapa tempat yang menggelar proses ibadah kurban tersebut. Di antaranya Masjid Al Karomah, Astambul, Pesayangan, dan Kelurahan Murung Keraton.

Namun terlepas dari itu, pada Rabu (22/8/2018) kemaren rupanya sudah ratusan sapi disembelih. Disampaikan oleh Kepala Bidang Peternakan Dinas Peternakan dan Pekebunan Kabupaten Banjar, Mahdalena, pada penyembelihan kemaren ada 552 sapi dan 50 ekor kambing.

Baca: Mau Simpan Daging Kurban Berapa Lama? Perhatikan Sabda Rasulullah SAW

“Melalui hasil pemantauan dan pemeriksaan kesehatan hewan yang bertugas untuk memeriksa hewan kurban hingga pukul 15.30 kemaren, angka sementara dari empat kecamatan di Kabupaten Banjar jumlah hewan terpotong sapi 552 ekor dan kambing 50 ekor,” ucapnya menyampaikan data, Kamis (23/8/2018).

Baca: Yuk Buat Tongseng Kambing Untuk Olahan Daging Kambing Sisa Kurban Idul Adha 2018

Mahdalena menyampaikan, dari stok sapi yang tersedia di Kabupaten Banjar, pada dua hari penyelenggaraan, stok masih memadai. Bahkan apabila ada yang berkurban lagi pun masih bisa dilakukan.

Karena dari data pengepul yang sempat di cek oleh pihaknya, dari 40 sapi yang ada pada satu pengepul, hanya sekitar 30 ekor yang terjual. Sehingga masih ada sisa.

Ia pun mengatakan, pada umumnya pelaksanaan kurban dilakukan selama dua hari. Sehingga dipastikan stok hewan kurban pun memadai. Bahkan lebih.

(Banjarmasinppost.co.id/Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved