Berita Hulu Sungai Tengah

NEWS VIDEO : Tradisi Kalung Benang Anak Datar Batung di Pedalaman Hutan Meratus

Ada yang unik di Desa Datarbatung, Kecamatan Batangalai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalsel.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Ada yang unik di Desa Datarbatung, Kecamatan Batangalai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalsel.

Di pedalaman hutan Meratus tersebut semua anak, mulai umur tiga bulan sampai empat tahun mengenakan kalung terbuat dari benang. Benangnya, ada yang berwarna hitam, putih maupun cokelat.

Benang bersimpul tersebut dipakai dengan buah kalung dari batu. Tapi ada juga yang tanpa buah kalung.

Baca: Presiden Jokowi Divonis Bersalah Oleh PN Palangkaraya, Ini Ancaman Hukumannya

Baca: Andai Habib Rizieq Dukung Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019, PAN Tak Gunakan Politik Identitas

Menurut kepala Balai Adat setempat, Lasir, kalung benang merupakan tradisi masyarakat setempat yang sudah dipakaikan kepada anak-anak sejak berusia tiga bulan. Warga setempat memakaikan kalung tersebut dengan tujuan mencegah berbagi penyakit. “Sebab kalau tidak dipakai anak bisa sakit,”kata Lasir.

Amlia, Sirah, Anggo, Ferdi adalah anak-anak yang mengaku pernah sakit, karena pernah melepas kalung tersebut. “Sebenarnya tidak dilepas. Tapi karena kelamaan, benangnya putus,”kata Amlia.

Setelah dipakai lagi, anak-anak itu pun mengaku jarang sakit. Dijelaskan, kalung benang itu dipakai sampai empat tahun, baru bisa dilepas. “Paling cepat empat tahun, baru boleh dilepas,” kata Lasir.

Baca: Akhirnya Presidium Gatot Nurmantyo Dukung Jokowi-Maruf Amin di Pilpres 2019, Ini Alasannya

Baca: Kriteria Capres-Cawapres yang Didukung PBB di Pilpres 2019, Yusril : Ada Ulamanya

Kehidupan warga suku Dayak Meratus di Desa tersebut masih tradisional. Menurut Kepala Desa setempat, Ramal, jika sakit, warga jarang berobat secara medis.

Hal tersebut karena fasilitas pelayanan kesehatan, Pustu maupun Puskesmas jauh, Hanya ada di Desa Batutangga yang jaraknya sekitar sembilan kilometer dari Datarbatung.

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) SCTV Timnas U-23 Indonesia vs Uni Emirat Arab Asian Games 2018

Baca: SEDANG BERLANGSUNG Live Streaming Bulutangkis Asian Games 2018 Nomor Perorangan Streaming Indosiar

Kunjungan tenaga kesehatan, diakui ada, namun tidak begitu sering karena untuk mencapai desa mereka cukup sulit, meski bisa dicapai menggunakan kendaraan roda dua.

“Kalau sakit keras, biasanya diobati pakai ramuan tradisional selain diobati pemuka adat,”ungkap Ramal. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved