Berita Kabupaten Banjar

Bidang SDA Dinas PUPR Provinsi Kalsel Minta Petambak Ikan Perhatikan Cuaca

Diungkapkan Kepala Seksi Irigasi dan Air Baku Bidang SDA Dinas PUPR Provinsi Kalsel, Masrai Zulzai, Jumat (24/8).

Bidang SDA Dinas PUPR Provinsi Kalsel Minta Petambak Ikan Perhatikan Cuaca
hasby
Aktivitas Petambak di Sungai Alang, Kabupaten Banjar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Ribuan ikan mati di Sungai Alang yang mati karena kekeringan debit air dari Riam Kanan, debit air yang lewat bendung irigasi Riam Kanan atau bendung Karang Intan dan Sungai Riam Kanan sangat dipengaruhi oleh operasional PLTA Riam Kanan.

Diungkapkan Kepala Seksi Irigasi dan Air Baku Bidang SDA Dinas PUPR Provinsi Kalsel, Masrai Zulzai, Jumat (24/8).

Dia juga menjelaskan, saat ini debit air buangan dari tiga turbin PLTA Riam Kanan kondisinya di bawah normal karena sedang dalam musim kemarau dan tidak ada hujan di bagian hulu waduk Riam Kanan atau waduk Ir. PM Noor.

Petambak di Sungai Alang
Petambak di Sungai Alang (hasby)

Keramba dan jaring apung ikan yang mengalami kekurangan debit air lokasinya berada di hilir bendung irigasi Riam Kanan atau bendung Karang Intan di desa Mandi Kapau.

Baca: Timnas U-23 Indonesia Vs Uni emirat Arab (UEA) Live SCTV, Ini Misi Luis Milla

Lokasi yang mengalami kekurangan debit tersrbut berada di sungai bagian hilir sungai Riam Kanan, yaitu di desa Sungai Alang di hilir bendung Karang Intan, bukan berada di jaringan saluran pembawa irigasi.

“Kondisi tinggi muka air di atas mercu bendung Karang Intan saat ini setinggi 15 sentimeter jadi masih ada debit yang mengalir ke hilir sungai,” jelasnya.

Baca: Link Live Streaming Indosiar Bulutangkis Asian Games 2018 Perorangan Jumat 24 Agustus 2018

Dia juga menjelaskan, keberadaan jaring apung dan keramba yang terdapat banyak dan padat di sepanjang sungai Riam Kanan juga turut berkontribusi dalam menghambat aliran air sungai ke bagian hilirnya.

Kedepannya diharapkan adanya pembinaan dari instansi terkait jadwal pembudidayaan perikanan di Sungai Riam Kanan dengan memperhatikan atau mempertimbangkan prakiraan cuaca.

Baca: Timnas U-23 Indonesia Vs Uni Emirat Arab (UEA) Live SCTV, Waspada Pemain Sayap Kanan UEA

“Saat ini di bendung Karang Intan bukaan pintu intake tiga meter digunakan untuk memenuhi dan melayani kebutuhan di jaringan irigasi Riam Kanan, baik itu untuk perikanan, air baku dan maupun pertanian,” ungkapnya lagi.

Kabid Perikanan Budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Banjar, Robby Azwar kembali menegaskan, pihaknya sudah melakukan pembinaan masalah tersebut. Sudah mensosialisasikan kepada pembudidaya ikan kalau selama musim kemarau seperti saat ini jangan banyak tebar benih untuk mengurangi resiko kematian.

(Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved