Berita Kotabaru

Disbudpar Asuransikan Peserta Pesta Adat Mallasuang Manu, Khairian: Terus Evaluasi!

Bahkan pesta adat Mallasuang Manu yang puncak acaranya digelar, Minggu (26/8/2018) mendatang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Disbudpar Asuransikan Peserta Pesta Adat Mallasuang Manu, Khairian: Terus Evaluasi!
helriansyah
Lomba perahu katir sekaligus upaca adat warga desa Teluk Aru, Kecamatan Pulaulaut Utara Kotabaru. Tahun ini kembali diselenggarakan, Minggu (26/8/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Menjadi agenda rutin tahunan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotabaru. Tahun ini pelaksanaan pesta adat Mallasuang Manu (melepas ayam), Desa Teluk Aru, Kecamatan Pulaulau Kepulauan Kotabaru dipastikan meriah.

Bahkan pesta adat Mallasuang Manu yang puncak acaranya digelar, Minggu (26/8/2018) mendatang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Kegiatan tradisi adat yang dikombinasi dengan pariwisata olahraga berupa katir race atau lomba perahu katir oleh warga lokal, peserta tidak hanya dibekali baju pelampung.

Baca: Akhirnya Presidium Gatot Nurmantyo Dukung Jokowi-Maruf Amin di Pilpres 2019, Ini Alasannya

Namun masing-masing peserta dari dua kelas, kelas katir besar dan kecil diasuransikan oleh disbudpar.

Kepala Disbudpar Kotabaru Khairian Anshari mengungkapkan, pengansurasian peserta lomba perahu katir dan penggunaan baju pelampung hasil evaluasi.

Baca: Rekap Hasil Bulutangkis Perseorangan Asian Games 2018 untuk Lima Wakil Indonesia, Kamis (23/8/2018)

"Setiap tahun kami terus melakukan evaluasi. Dimana-mana kekurangannya itu yang kami perbaiki," ujar Khairian kepada banjarmasinpost.co.id, Jumat (24/8/2018).

Menurut Khairian, khususnya lomba perahu katir. Seperti tahun-tahun sebelumnya, peserta di lepas dari Pulau Kerayaan dan Kerasian, finish di pantai desa Teluk Aru.

Baca: Timnas U-23 Indonesia Vs Uni emirat Arab (UEA) Live SCTV, Ini Misi Luis Milla

"Jumlah peserta sampai saat ini, untuk katir besar 31 sedangkan katir kecil 42 peserta," jelas Khairian kepada banjarmasinpost.co.id.

Ditambahkan Khairian, total jumlah peserta 73. Dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, karena tahun lalu jumlah peserta hanya 65 orang.

Baca: Link Live Streaming Indosiar Bulutangkis Asian Games 2018 Perorangan Jumat 24 Agustus 2018

"Jadi kalau peningkatan jumlah peserta jelas ada. Termasuk peserta terus ditingkatkan keamanannya. Diwajibkan menggunakan baju pelampung dan pengasuransian peserta," tandas Khairian.

Terpisah, Bambang salah satu warga desa Tanjung Lalak, diminta tanggapannya menyambut gembira kembali diselenggarakannya upacara adat mallasuang manu yang dikombinasi dengan lomba perahu katir.

Menurut Bambang, sangat menyambut gembira pelasaksanaan momentum tahunan disbudpar. Tidak hanya untuk pelestarian wisata budaya, namun sekaligus menggerakan perekonomian masyarakat.

(BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help