Berita Kotabaru

Ipanasyah Pesimistis Disetujui Penambahan Fasilitas di PDAM Kotabaru

Beberapa fasilitas dukung rencana pengadaan diajukan ke Pemerintah Kabupaten Kotabaru

Ipanasyah Pesimistis Disetujui Penambahan Fasilitas di PDAM Kotabaru
banjarmasinpost.co.id/helriansyah
Direktur PDAM Kotabaru Noor Ipansyah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Untuk perbaikan dan pemerataan layanan distribusi air bersih ke pelanggan, terlebih saat musim kemarau. Perusahaan daerah air minum (PDAM) Kotabaru berencana melakukan penambahan fasilitas dukung.

Beberapa fasilitas dukung rencana pengadaan diajukan ke Pemerintah Kabupaten Kotabaru, antara lain pompa submersible dengan kapasitas 20 liter perdetik.

Pengadaan mesin ginset berkekuatan 250 KVa, serta pompa sentrifugal berkapasitas 80 liter perdetik. Untuk membantu pengoptimalan distribusi air bersih, terlebih saat kemarau karena menurunnya tekanan air.

Baca: Rekap Hasil Bulutangkis Perseorangan Asian Games 2018 untuk Lima Wakil Indonesia, Kamis (23/8/2018)

Dengan adanya beberapa fasilitas dukung, kedepan diharapkan ada pemerataan distribusi air bersih ke pelanggan di wilayah terujung.

Baca: Timnas U-23 Indonesia Vs Uni Emirat Arab (UEA) Live SCTV, Evan Dimas Ingatkan Jaga Emosi

"Pengadaan beberapa fasilitas dukung, kami sudah mengajukan permohonan. Digunakan untuk penanganan daurat, saat kemarau," kata Direktur PDAM Kotabaru Noor Ipansyah, Jumatv(24/8/2018).

Menurut dia, kepada banjarmasinpost.co.id, sangat berharap usulan pengadaan yang sudah disampaikan terakomodir di anggaran pendapatan belanja daerah perubahan (APBD-P) melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air.

Tiga jenis fasilitas sangat diperlukan saat Kotabaru darurat air bersih terjadi seperti sekarang jni, sebab selama ini distribusi air bersih oleh PDAM hanya mengandalkan sistem gravitasi. Ketika tekanan air menurun karena efek musim kemarau, membuat layanan di daerah terujung terkendala.

Baca: Link Live Streaming SCTV - Streaming Timnas U-23 Indonesia vs Uni Emirat Arab Asian Games 2018

"Pesimis karena Pemkab Kotabaru defisit anggaran. Dilema memang. Tapu kami tetap tunggu apa respon Pemkab," jelas Ipansyah.

Kendati, masih menurut Ipansyah melalui telepon selularnya, ia pesimistis kegiatan pengadaan diajukan pemerintah daerah bisa terpenuhi. Tidak membuat pihaonya putus asa, demi meningkatkan pelayanan distribusi air bersih yang lebih baik.

"Pesimistis disetujui. Kami tetap berikhtiar dan meminta ke Pemkab Kotabaru," ucap Ipansyah dengan nada berharap.

Terpisah, diketahui layanan distribusi air bersih dengan sistem gravitas untuk di wilayah Pulaulaut sejak dari awal.

Sekarang ini distribusi perlu dibantu mesin pompa, mengingat terus bertambahnnya jumlah pelanggan yang kini mencapai 18 ribu serta luas jaringan distribusi.

Sementara hingga berita diturunkan belum didapat konfirmasi dari pemerintah daerah, baik eksekutif dan legislatif.

(BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help