Berita Banjarmasin

Koneksikan Sambungan IPAL Tahun Depan, Anggarannya Segini

Untuk meyambung perpipaan instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) di kawasan A Yani, Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PD PAL)

Koneksikan Sambungan IPAL Tahun Depan, Anggarannya Segini
net
ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN – Untuk meyambung perpipaan instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) di kawasan A Yani, Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PD PAL) Kota Banjarmasin sudah mengajukan DED (Detail Engineering Design) kepada Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) RI, beberapa waktu lalu.

Artinya, jika pipa IPAL ini terkoneksi, sambungan pelayanan pengelolaan air limbah yang dapat terlayani lebih banyak lagi.

Baca: Anthony Ginting Kembali Main di Nomor Perorangan Bulutangkis Asian Games 2018, Lihat Reaksi Warganet

Apalagi, kawasan A Yani, hampir seluruhnya adalah niaga baik niaga besar maupun kecil termasuk perhotelan.

Kepala Bidang Teknik PD Pal Kota Banjarmasin, Deris Kurdinar, mengatakan jika taksiran untuk pelaksanaan pembangunan pipa koneksi di Jalan A Yani pertigaan Jalan Kolonel Sugiono kiri dan kanan jalan hingga depan Duta Mall Banjarmasin sebesar Rp 6 miliar.

Baca: Kesal, Penumpang Wanita Ini Nekat Sopir Sendiri Bus, Dia Ancam Bongkar Kebobrokan Sopir

“Kami sudah melakukan pertemuan dan sudah disetujui oleh kementerian. Rencananya, pembangunannya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian PUPR,” bebernya.

Deris mencatat, di kawasan A Yani terdapat lima niaga besar termasuk hotel seperti Golden Tulip, Duta Mall, Fave Hotel, dan Jelita.

Baca: 19 Daftar Belanja Uang Gratifikasi Zumi Zola Dirilis, Biayai Buka Bersama dan Ikat Pinggang 40 Juta

Tak hanya lima niaga besar saja yang dapat terlayani jika pipa ini dikoneksikan. Ia memperkirakan 50 niaga di kawasan A Yani juga dapat terlayani.

“Selama ini hanya sistem mobile (dijemput dengan tangki limbah) saja di kawasan A Yani. Apalagi ada dua yang sudah berlangganan seperti Hotel Jelita dan Fave Hotel. Untuk niaga besar seperti Duta Mall masih menunggu perpipaan jika terpasang baru mereka berlangganan,” jelasnya.

(Banjarmasinpot.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help