Berita Balangan

PMI Balangan Gelar Pelatihan Bagi 20 Sekolah Madya dan Wira, Ini Tujuannya

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Balangan menggelar kegiatan pelatihan bagi pembina Palang Merah Remaja (PMR)

PMI Balangan Gelar Pelatihan Bagi 20 Sekolah Madya dan Wira, Ini Tujuannya
istimewa
Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Balangan menggelar kegiatan pelatihan bagi pembina Palang Merah Remaja (PMR) di Aula Dinas Kesehatan, selama dua hari di mulai pada Jumat (25/8/2018) sampai dengan Sabtu (26/8/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Balangan menggelar kegiatan pelatihan bagi pembina Palang Merah Remaja (PMR) di Aula Dinas Kesehatan, selama dua hari di mulai pada Jum'at (25/8/2018) sampai dengan Sabtu (26/8/2018).

Adapun pesertanya 20 orang terdii dari sejumlah sekolah dari tingkat SLTP sampai SLTA di Kabupaten Balangan.

"Tujuan pelaksanaan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi pembina PMR di unit sekolah, sehingga mampu menerapkan manajemen PMR pada tingkat PMR Madya, dan PMR Wira," ujar Ketua PMI Kabupaten Balangan melalui Sekretaris PMI Herry Rusandy.

Baca: Foto Anak Punk Mirip Jokowi Muda Beredar, Presiden Jokowi Buka-bukaan Soal Masa Lalunya

Diungkapkannya, untuk peserta tingkat madya berasal dari tenaga pendidik SLTP sederajat, dan tingkat Wira berasal dari tenaga pendidik SLTA sederajat.

Selanjutnya, pelatihan pembina PMR adalah sebagai wadah dan pembinaan kepada para pembina PMR yang berpusat di sekolah dan di masyarakat untuk mengaplikasikan pengetahuannya kepada para PMR di sekolahnya.

Baca: Habib Rizieq Shihab Buka Suara Terkait Dukungan Capres Cawapres di Pilpres 2019: Itu Bohong

Tujuannya supaya anggota PMR itu siap menjadi sukarelawan PMI di masa depan.

"Pelatihan pembina PMR merupakan pembekalan bagi pembina PMR dalam melakukan pengembangan untuk masing-masing anggota PMR-nya. Setelah pelatihan itu diharapkan para peserta bisa menyalurkan ilmunya di sekolah masing-masing," ujarnya.

Baca: Kisah Perempuan Petugas SPBU yang Pukuli Suami-Istri Oknum TNI, Ternyata Dia Anak TNI Juga

Disampaikannya pula bahwa dalam pelatihan ini, selain peserta akan diberikan materi tentang Pertolongan Pertama, sejarah PMI dan PMR, serta manajemen PMR yang diantarnya meliputi perekrutan, pelatihan, Tri Bakti PMR, pengakuan dan penghargaan.

"Siklus pembinaan manajemen PMR ini di setiap unit sekolah harus dikembangkan melalui berbagai metode pembelajaran yang dikemas dengan metode pembelajaran yang menyenangkan. Dilakukan dengan pendekatan seperti: peer leadership, peer support, dan peer educator,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, selain diikuti oleh seluruh anggota PMI Kabupaten Balangan, turut hadir pula perwakilan dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, BPBD Kabupaten Balangan dan Perwakilan dari Kementerian Agama.

(banjarmasinpost.co.id/muhammad elhami)

Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help