Berita Kotabaru

Wacanakan Bikin Booster, Sekdakab Kotabaru Janji Siapkan Anggaran di 2019

Belum optimalnya Embung Gunung Tirawan karena kendala teknis membuat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kotabaru Said Akhmad angkat bicara.

Wacanakan Bikin Booster, Sekdakab Kotabaru Janji Siapkan Anggaran di 2019
banjarmasin post group/ helriansyah
Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru Drs H Said Akhmad MM 

BANJARMASINPOST.CO.ID,KOTABARU - Belum optimalnya pemanfaatan air baku embung gunung Tirawan membantu distribusi ke pelanggan, karena terkendala teknis membuat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kotabaru Drs H Said Akhmad MM angkat bicara.

Diakui Said, ketidakoptimalan pemanfaatan air baku embung Tirawan yang hanya mengandalkan sistem gravitasi, perlu pembenahan dengan membangun booster atau pendorong air untuk pendistribusian ke wilayah tinggi.

Baca: Jawaban Ustadz Abdul Somad Saat Disebut Jadi Juru Kampanye PAS di Pilpres 2019

"Aku tahu selama ini distribusi hanya sistem gravitasi," ujar Said kepada banjarmasinpost.co.id melalui telepon genggamnya, Sabtu (25/8/2018).

Said menegaskan, untuk pembuatan booster tidak bisa dilakukan dengan  secara dadakan. Tapi dilakukan secara terencana.

"Ada PDAM mengusulkan pengadaan mesin pompa. Tidak bisa lagi karena APBDP kan sudah diketuk. Tidak bisa menyalahi aturan," ujarnya.

Oleh karena itu, disarankan Said, mengatasi persoalan diperlukan perencanaan yang matang. Selain meminta PDAM lebih dulu membuat desain.

Baca: Politisi Gerindra : Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Harusnya Belajar Mengaji Kepada Maruf Amin

Dengan adanya desain pembangunan boostrer, diharapkan dapat berfungai maksimal dan efektif membantu pendistribusian ke pelanggan di wilayah layanan tertinggi serta suplai ke IPA.

Menyusul hal itu, Said berjanji membantu penggelontoran dana untuk pembuatan booster pada anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) 2019.

"2019 kami akan alokasikan. Tapi dari sekarang dibuat dulu desain teknisnya. Supaya benar-benar efektif digunakan," pungkas Said.

(banjarmasinpost.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved