Berita Kotabaru

Didampingi Istri, Bupati Sayed Lepas Peserta Lomba Perahu Katir

Lomba perahu katir atau katir race dikombinasi dengan pelaksanaan puncak upacara adat Mallasuang Manu berlangsung seru.

Didampingi Istri, Bupati Sayed Lepas Peserta Lomba Perahu Katir
istimewa
Bupati Kotabaru H Sayed Jafar meletuskan tembakan, tanda dilepasnya peserta lomba perahu katir. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,KOTABARU - Lomba perahu katir atau katir race dikombinasi dengan pelaksanaan puncak upacara adat Mallasuang Manu berlangsung di Desa Teluk Aru, Kecamatan Pulaulaut Kepulauan berlangsung seru.

Peserta mengikuti katir race sebanyak 55, terdiri dari dua katagori yaitu katagori perahu besar dan perahu kecil itu dilepas langsung Bupati Kotabaru H Sayed Jafar didampingi istri yang juga ketua TP PKK Kabupaten Kotabaru Hajjah Fatma Idiana.

Baca: Pemilih PKB dan PPP Belum Rela Maruf Amin Jadi Cawapres Jokowi di Pilpres 2019

Sayed mengungkapkan, lomba perahu katir atau perahu layar tidak hanya menjadi momentum tahunan daerah. Namun upaya pelestarian tradisi budaya daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotabaru.

"Selain upaya melestarikan adat dan budaya daerah, katir race diyakini dapat menjadi destinasi wisata unggulan yang menarik wisatawan domestik maupun luar negeri," kata Sayed, Minggu (26/8/2018).

Baca: Hasil Perorangan Bulutangkis Asian Games 2018 : Marcus/Kevin ke Semifinal, Taklukkan Malaysia

Sayed mengharapkan, lomba perahu katir menjadi tradisi warga Pulaulaut Kepulauan terus dipromosikan. Tidak hanya di tingkat lokal, tapi luar Kotabaru. Sehingga event ini menjadi salah satu ikon budaya dan identitas daerah Bumi Saijaan.

Tidak lupa kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD), Sayed meminta di tahun-tahun mendatang pelaksanaan lomba perahu katir dapat terus ditingkatkan.

Baik dari kualitas penyelenggaraan, promosi maupun dari partisipasi peserta. Sehingga event semacam ini dapat menjadi event berskala internasional sebagaimana harapan seluruh masyarakat Kotabaru.

Baca: LIVE STREAMING Trans7 MotoGP Inggris 2018 - Link Live Streaming Trans 7 Mulai 17.00 WIB

Ia juga berpesan, agar bersama-sama menjaga dan melestarikan daya tarik wisata dengan membantu terciptanya suasana aman, tertib, bersih, berperilaku santun dan menjaga kelestarian lingkungan.

Masih menurut Sayed, sektor kelautan masih menjadi prioritas pembangunan di Kotabaru, mengingat cukup besar peluang untuk meningkatkan pendapatan perekonomian daerah

(banjarmasinpost.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved