Berita Kalteng

Dua Penambang Emas Ilegal Katingan Ditangkap Alat Berat dan Mesin Sedot Disita

Ditreskrimsus Polda Kalteng mengamankan sebanyak delapan alat berat dan menangkap 20 tersangka penambang emas ilegal.

Dua Penambang Emas Ilegal Katingan Ditangkap Alat Berat dan Mesin Sedot Disita
istimewa
Dua Penambang Emas Ilegal Katingan Ditangkap Alat Berat dan Mesin Sedot Disita. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KATINGAN - Penertiban penambangan emas ilegal hingga, Minggu (26/8/2018) terus dilakukan pihak kepolisian, jika sebelumnya, Ditreskrimsus Polda Kalteng mengamankan sebanyak delapan alat berat dan menangkap 20 tersangka.

Polres Katingan tak mau kalah, Sabtu (25/8/2018) siang, dalam penertiban ilegal mining yang dilakukan di Lokasi Tehang, Desa Talian Kereng, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten, Katingan, Kalteng, petugas berhasil mengamankan dua pelaku penambang emas tanpa izin.

Bukan hanya itu, polisi juga menyita, sejumlah barang bukti alat untuk menambang diantaranya, satu unit eksavator, satu unit mesin diesel, dua unit mesin diesel dan peralatan menambang lainnya.

Polisi juga mengamankan, dua orang pelaku yakni, Triyono (29) penambang yang merupakan warga Desa Talio Muara (Pangkoh 1), Kecamatan Pandi Batu, Kabupaten Pulangpisau atau alamat lain di Lokasi Tehang, Desa Talian Kereng, Kecamatan Katingan Hilir, Katingan.

Baca: Hasil MotoGP Inggris 2018 - Maverick Vinales Tercepat, Valentino Rossi No 10 di Sesi Warm Up

Baca: SIARAN LANGSUNG TRANS 7! Link Live Streaming Trans7 MotoGP Inggris 2018, Dimajukan Jam 17.00 WIB

Baca: SIARAN LANGSUNG TRANS 7! Link Live Streaming Trans7 MotoGP Inggris 2018, Dimajukan Jam 17.00 WIB

Selain itu, polisi juga mengamankan, Pangat alias Kentung (32) operator alat berat, yang tinggal di Jalan Tewang Rusau Kelurahan Kasongan Baru, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, keduanya saat ini diamankan di Polres Katingan.

Sementara itu, berdasarkan, laporan polisi yang dikumpulkan dari keterangan saksi bernama Mandau (34) dan Kiki (23) warga Katingan, menyebutkan, saat kejadian, tertangkap tangan aktifitas pertambangan emas tanpa ijin oleh petugas Kepolisian Polres Katingan.

Saat dilakukan penangkapan, kedua pelaku sedang melakukan kegiatan dibidang pertambangan di Lokasi Tehang, Desa Talian Kereng, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan."Kami amankan pelaku dan barang bukti ke Polres Katingan, "ujar Mandau.

Dua Penambang Emas Ilegal Katingan Ditangkap Alat Berat dan Mesin Sedot Disita
Dua Penambang Emas Ilegal Katingan Ditangkap Alat Berat dan Mesin Sedot Disita (ist)

Sedangkan, Kapolres Katingan, AKBP Eliester Dharma Bahagia Ginting, membenarkan, kejadian tersebut dan saat ini pihaknya masih terus melakukan pendalaman kasus tersebut dan mengembangkannya.

Dalam pengembangan kasus tersebut, pihak Polres Katingan akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait , yakni Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kalteng yang akan diminta sebagai saksi ahli, untuk proses hukum selanjutnya. (www. banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help