Berita Tanahlaut

Sebagian Wilayah di Tanahlaut Dilanda Hujan Deras, Titik Panas Tertanggulangi

Sebagian wilayah di Kabupaten Tanahlaut dilanda curah hujan tinggi, Minggu (26/8/2018).

Sebagian Wilayah di Tanahlaut Dilanda Hujan Deras, Titik Panas Tertanggulangi
istimewa
Komandan Posko Aju Karhutla Polres Tanahlaut, Ipda Brilianto memasang masker kepada pengendara didampingi Koordinator Tim Emergency 113 Tanahlaut, Erwin di pertigaan Bentok, Desa Nusaindah, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanahlaut, Minggu (26/8/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Sebagian wilayah di Kabupaten Tanahlaut dilanda curah hujan tinggi, Minggu (26/8/2018).

Itu diduga sedikit banyak menghilangkan titik panas di sebagian wilayah Kabupaten Tanahlaut dan melenyapkan potensi kabut asap.

Informasi dihimpun reporter Banjarmasinpost.co.id, wilayah yang dilanda hujan deras, Kecamatan Batibati, Kecamatan Batuampar dan Kecamatan Kintap.

Baca: Bilqis Putri Ayu Ting Ting Berpose Seperti ini, Membuat Warganet Gemas

Plt Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tanahlaut, Suriansyah dikonfirmasi membenarkan titik panas tertanggulangi cuaca hujan.

Menurutnya, dari pantauan satelit dua titik panas terdapat di wilayah Kabupaten Tanahlaut dengan tingkat kepercayaan datanya 75 persen.

"Beruntung hujan sehingga titik panas tertanggulangi. Untuk sementara ini titik panas di Kecamatan Batibati dan Kecamatan Kurau," katanya kepada reporter Banjarmasinpost.co.id, Minggu (26/8/2018).

Baca: Cucu Konglomerat Rusia Habiskan Rp40 Triliun untuk Pernikahannya, Kue Pengantin Rp2 Miliar

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanahlaut, Antonius Jaka dikonformasi mengatakan belum ada pasien yang mengeluh akibat dampak dari kabut asap kebakaran lahan.

Namun, Antonius mengaku awal pekan ini bersama Balai Penelitian Kesehatan dan Pencegahan Penyakit Kota Banjarbaru melakukan pengukuran kualitas kabut asap.

"Titik pengukuran sampel kabut asap di wilayah Desa Pandahan, Kecamatan Batibati," jelas pria yang akrab disapa Antonius.

Baca: Gatot Nurmantyo Jadi TKN Jokowi-Maruf? Ahmad Rofiq Sebut Tak Elok karena Latar Belakangnya

Menurut Antonius, upaya pemberian masker sudah dilakukan jajaran Puskesmas Batibati.

"Kemarin itu meminta sekitar 500 lembar masker ke Dinas Kesehatan Kabupaten Tanahlaut," ujar Antonius.

Sementara itu, Kasat Sabhara Polres Tanahlaut, AKP Riswiadi mengaku membagikan masker di pertigaan Desa Nusaindah dilaksanakan personel Posko Aju Karhutla bersama relawan Emergency RC 113 Tanahlaut.

Menurut AKP Riswiadi, tema kegiatan pembagian masker itu, sehat itu mahal, jangan gemari udara dengan asap.

"Setop pembakaran hutan dan lahan. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi," katanya.

(Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help