Berita Banjarbaru

Tak Ada Rambu, Pemasangan Box Culvert di Jalan Karang Rejo Guntung Manggis Bahayakan Pengguna Jalan

Seorang warga Jalan Karang Rejo Guntung Manggis Banjarbaru, Kasful Anwar terkejut melihat galian yang sudah dua pertiga jalan.

Tak Ada Rambu, Pemasangan Box Culvert di Jalan Karang Rejo Guntung Manggis Bahayakan Pengguna Jalan
instagram/hasby suhaili
Galian box culvert yang sudah dua pertiga memakan badan Jalan Karang Rejo, Guntung Manggis, Banjarbaru sangat membahayakan pengendara karena tidak ada rambu peringatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARu — Seorang warga Jalan Karang Rejo Guntung Manggis Banjarbaru, Kasful Anwar terkejut melihat galian yang sudah dua pertiga memakan badan jalan. Galian itu sangat membahayakan pengendara karena tidak ada rambu peringatan.

Padahal menurutnya, Jalan Karang Rejo ini merupakan jalur cepat bagi pengendara roda dua dan roda empat, sementara lubang galian tetap dibiarkan menganga. Dirinya sudah melaporkannya kepada grup forum RT tempat tinggalnya.

“Kalau bisa cepat diselesaikan dan kalaupun tertunda agar banyak dipasang rambu pemberitahuan bagi pengendara yang lewat. Jangan lubang dibiarkan menganga tanpa ada pemberitahuan,” katanya, Minggu (26/8).

Bahkan informasi yang didapatnya, pada tadi malam sebuah mobil hampir nyungsep ke dalam lubang galian, untung saja pengemudinya rem mendadak.

Baca: Hasil Bulutangkis Perorangan Asian Games 2018, Jonatan Christie Lolos ke Semifinal!

“Papan proyek tidak ada juga, kalau di lokasi lain ada pengalihan arus seperti di Jalan Palm, mudahan seperti itu,” pintanya.

Kasi Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kota Banjarbaru, Muhammad Adi Maulana ketika dikonfirmasi mengatakan, pengerjaan pemasangan box culvert secara bertahap. Pihaknya memotong sebagian dari badan jalan kemudian dipasang precastny dan setelah itu finishing dicor beton rata dengan aspal.

“Kami harapkan pengertian dari masyarakat dan pengguna jalan karena pemasangan precast itu untuk mengatasi genangan air di daerah itu,” katanya.

Adapun nama paket pekerjaannya adalah Normalisasi drainase Jalan Karang Rejo dan Jalan Palm dengan nilai kontrak sekitar Rp 1,973 miliar. Papan proyek ada dipasang di simpang tiga Jalan Palm- Taruna Bhakti- Purnawirawan.

Baca: SIARAN LANGSUNG TRANS 7! Link Live Streaming Trans7 MotoGP Inggris 2018, Dimajukan Jam 17.00 WIB

Adi menjelaskan, pekerjaan normalisasi drainase tersebut terbagi beberapa titik penanganan yakni, pertama penanganan drainase di simpang tiga Jalan Palm dengan pasangan batu menuju pembuangan akhir dan crosingan drainase dari box culvert dua titik.

Kedua, penanganan drainase di Jalan Palm menuju pembuangan akhir sungai rancah dan crosingan jalan dari box culvert satu titik di Jalan Abadi 3. Ketiga, penanganan drainase di jalan palam depan komplek TNI AL dan crosingan drainase dari box culvert satu titik.

Keempat, penanganan drainase di Jalan Karang Rejo dengan dua titik crosingan drainase dari box culvert untuk menuju pembuangan akhir melalui Perum Graha Citra Permai dan samping toko bangunan ke saluran embung Sidodadi.

Sedangkan Informasi dari pihak pelaksana dan konsultan pengawas, pada saat penggalian di Jalan Karang Rejo terkena pipa PDAM sehingga sementara penggalian dihentikan dulu untuk perbaikan pipa PDAM yang baru selesai Sabtu (25/8) dan akan dilanjutkan lagi penggalian serta pemasangan box culvert pada Senin (27/8).

“Untuk rambu-rambu pengaman sudah kami perintahkan agar ditambahkan oleh pelaksana pekerjaan supaya tampak jelas bagi masyarakat dan pengguna jalan,” tambahnya. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved