Berita Kotabaru

Upacara Adat Mallasuang Manu di Kotabaru Makin Meriah

Puncak upacara adat Mallasuang Manu atau melepas sepasang ayam oleh mayoritas Suku Mandar, Minggu (26/8/2018).

Upacara Adat Mallasuang Manu di Kotabaru Makin Meriah
istimewa
Bupati Kotabaru H Sayed Jafar (kiri) bersama forkopinda dan sandro saat persiapan ritual Mallasuang Manu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Menjadi event tahun Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotabaru. Setiap bulan Agustus pantai Desa Teluk Aru, Kecamatan Pulaulaut Kepulauan dijejali masyarakat lokal bahkan luar Kabupaten Kotabaru.

Menyusul dilaksanakan puncak upacara adat Mallasuang Manu atau melepas sepasang ayam oleh mayoritas Suku Mandar di kecamatan setempat, Minggu (26/8/2018).

Baca: Komentar Mantan Ketua MK Terkait Penolakan Aksi #2019GantiPresiden, Jimly : Polisi Hati-hati

Upacara adat berlangsung di pantai batu jodoh, desa Teluk Aru tidak hanya dihadiri Bupati Kotabaru H Sayed Jafar. Orang nomor satu di Bumi Saijaan, ini sekaligus melepas sepasang ayam.

Didampingi Ketua TP PKK Hajjah Fatma Idiana Sayed Jafar, forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopinda) dan kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Selain menjadi tradisi masyarakat, sepasang ayam (jantan dan betina) yang dilepas diperebutkan warga berusia dewasa berstatus lajang atau perawan.

Baca: Unit Harat Polresta Banjarmasin Akan Patroli Tiap Malam Hingga Subuh

Pesta adat mallasuang manu dirintis masyarakat sejak tahun 2000 dengan dana yang minim, sebelum mendapat perhatian dari Pemkab Kotabaru melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sejak 2003 hingga sekarang.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar mengatakan, upacara adat mallasuang manu merupakan wujud rasa syukur masyarakat suku mandar, yang kesehariannya bekerja sebagai nelayan.

Baca: Hasil Perorangan Bulutangkis Asian Games 2018 - Kalahkan Wakil Malaysia, Fajar/Rian ke Semifinal

"Dulunya dilaksanakan di pulau cinta sekitar 2 mil dari pantai batu jodoh. tetapi dalam beberapa tahun ini acara adat ini cuma dilaksanakan di pantai batu jodoh," katanya.

(banjarmasinpost.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved