MotoGP

Wah Gawat! MotoGP Inggris 2018 di Sirkuit Silverstone Terancam Batal, Penyebabnya?

Keputusan ini diambil Race Director MotoGP Mike Webb untuk memastikan ketiga kelas balapan MotoGP dapat berlangsung dengan baik

Wah Gawat! MotoGP Inggris 2018 di Sirkuit Silverstone Terancam Batal, Penyebabnya?
MotoGP.com
Marc Marquez dari Repsol Honda saat sesi latihan bebas keempat di Silverstone, Sabtu (25/8/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SILVERSTONE - Genangan air akibat hujan lebat saat sesi kualifikasi MotoGP Inggris 2018 di sirkuit Silverstone, kemarin, pihak penyelenggara MotoGP pun memutuskan untuk mengubah jadwal balapan hari ini, Minggu (26/8/2018).

Keputusan ini diambil Race Director MotoGP Mike Webb untuk memastikan ketiga kelas balapan MotoGP dapat berlangsung dengan baik. Webb mengungkapan alasan mengapa pihaknya harus mengambil keputusan tersebut.

Balapan kelas MotoGP misalnya, dari yang harusnya berlangsung 19.00 WIB diubah menjadi 17.30 WIB.

Baca: Jelang MotoGP Inggris 2018 - Valentino Rossi Harus Berjuang Keras Raih Podium di Silverstone?

"Namun jika ada satu dan lain hal yang tidak dapat dihindari dalam penyelenggaraan balapan kali ini, ada kemungkinan kecil kami akan membatalkan jalannya balapan," ucap Webb seperti dikutip dari Crash.net, Sabtu (25/8/2018).

Keputusan ini diambil setelah kecelakaan hebat yang menimpa Tito Rabat pebalap tim Reale Avintia saat di latihan bebas keempat.

Baca: Hotman Paris Bongkar Malam Pertama Dewi Perssik dengan Saipul Jamil, Depe : Malam Pertama Nangis

Ia mengalami patah tulang di kaki kanan. Prakiraan cuaca di sirkuit Silverstone, Minggu (26/8/2018) pun tidak terlalu baik. Diperkirakan hujan deras saat siang hari ketika akan berlangsungnya lomba.

Pihak MotoGP pun memindahkan balapan kelas MotoGP akan lebih dulu dilanjutkan dengan Moto3 dan Moto2.

Alasannya, mesin besar cenderung dapat terkena efek aquaplane karena lebih berat dibanding motor Moto2 dan Moto3 yang lebih kecil dan ringan.

Baca: Update Klasemen Perolehan Medali Asian Games 2018: Indonesia Urutan 5, Ancaman dari Korea Utara

"Kalau hujannya normal dengan debit air normal tentu tidak akan bermasalah di atas trek dengan lapisan baru ini. Yang dikhawatirkan adalah hujan singkat dengan debit air yang cukup besar, tipe hujan yang diperkirakan akan hadir di sepanjang waktu balapan besok," ucap Webb.

Ketika ditanyakan mengenai waktu yang dipilih yakni 11.30 waktu lokal atau 17.30 WIB, Webb mengungkapkan itu dilakukan setelah berdiskusi dengan tim balap MotoGP.

Ketika ditanyakan waktu tercepat mereka dapat mempersiapkan balapan, waktu tersebut yang jadi hasilnya.

"Sebelum mengambil keputusan kami duduk bersama dengan tim-tim balap dan ini hasilnya. Mereka cukup siap dan senang mendapatkan waktu lebih cepat. Kami sendiri menawarkan sesi pemanasan yang lebih awal bahkan lebih singkat untuk dapat membuat balapan berjalan lebih dini," ucap Webb.

Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.com

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help