Berita Hulu Sungai Selatan

Empat Daftar Calon Sementara Diumumkan, Begini Tanggapan Masyarakat HSS

Dari tahapan jadwal masukkan dan tanggapan dari masyarakat terkait dengan DCS Bacaleg untuk Pileg 2019 di Kabupaten HSS

Empat Daftar Calon Sementara Diumumkan, Begini Tanggapan Masyarakat HSS
Aprianto
Ketua KPU HSS Nida Guslaili Rahmadin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) sudah mengumumkan daftar calon sementara (DCS) bakal calon legislatif (Bacaleg) pada pemilu legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

Dari tahapan jadwal masukkan dan tanggapan dari masyarakat terkait dengan DCS Bacaleg untuk Pileg 2019 di Kabupaten HSS, ternyata ada mendapat tanggapan dari masyarakat.

Ketua KPU HSS Nida Guslaili Rahmadina mengatakan ada DCS Bacaleg untuk Pileg 2019 yang ditanggapi oleh masyarakat.

Baca: Update Klasemen & Perolehan Medali Asian Games 2018, Silat Beri Emas Ke-14 Indonesia, Posisi Masih 5

Baca: Update Klasemen & Perolehan Medali Asian Games 2018, Senin (27/8), Indonesia 17 Emas, Silat Berjaya

Baca: Hasil Semifinal Bulutangkis Asian Games 2018 - Fajar/Rian ke Final, Taklukkan Pasangan China

"Ada empat bacaleg dari tiga partai politik (parpol) yang ditanggapi oleh masyarakat dari daftar DCS yang sudah diumumkan," katanya, Senin, (27/8).

Empat bacaleg yang ditanggapi masyarakat itu berasal dari Parpol Pkpi, Pkb dan Golkar.

"Tanggapan yang masuk disampaikan oleh masyarakat kepada empat DCS melalui surat yang disampaikan langsung ke KPU HSS. Sesuai dengan mekanisme tanggapan memang harus disampaikan melalui surat,” lanjutnya.

Tanggapan yang masuk akan ditindak lanjuti dengan menyurati pihak parpol terkait. Mereka diminta datang ke KPU memberikan klarifikasi terkait DCS yang ditanggapi oleh masyarakat tersebut.

"Untuk klarifikasi DCS bacaleg peserta Pemilu 2019 akan dilakukan pada 29 Agustus hingga 31 Agustus mendatang," ujarnya.

Dalam tahapan klarifikasi nanti, pihak parpol akan menjelaskan kepada KPU HSS terkait tanggapan masyarakat terhadap kader yang dicalonkan parpol.

Hasil klarifikasi akan menentukan apakah kadernya yang masuk DCS akan bisa masuk ke tahapan selanjutnya, untuk ditetapkan dalam daftar calon tetap (DCT).

Menurut PKPU nomor 20 tahun 2018 tentang pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota menyebutkan bahwa eks narapidana korupsi, bandar narkoba dan kasus kekerasan seksual terhadap anak dilarang maju sebagai caleg.

ekadar diketahui ada total 303 Bacaleg dari 16 Parpol yang menyerahkan berkas ke KPU HSS. Bacaleg yang lolos masuk DCS yang diumumkan oleh KPU Kabupaten HSS sebanyak 296 orang.

Pada pileg 2019 di HSS periode 2019-2024, hanya merebutkan 30 kursi dari tiga Daerah pemilihan (Dapil) se Kabupaten HSS.

Dapil satu meliputi Kecamatan Kandangan, Simpur, Sungai Raya dan Kalumpang dengan 11 kursi. Dapil dua Kecamatan Angkinang, Telaga Langsat, Padang Batung dan Loksado dengan delapan kursi.

Sedangkan dapil tiga dengan 11 kursi meliputi Kecamatan Daha Barat, Daha Selatan dan Kecamatan Daha Utara (Rian).

Penulis: Aprianto
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved