Berita Kalteng

Polda Kalteng Tangani 24 Kasus Karhutla, Tetapkan 16 Orang Tersangka

Polda Kalteng menetapkan sebanyak 16 orang tersangka perorangan yang diduga melakukan pembakaran lahan untuk pembukaan lahan pertanian.

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kalteng, sejak Januari 2018 hingga Bulan Agustus 2018 mencatat telah menangani sebanyak 24 kasus kebakaran lahan.

Dari sebanyak 24 kasus kebakaran lahan yang ditangani tesebut, Polda Kalteng, telah menetapkan sebanyak 16 orang tersangka perorangan yang diduga melakukan pembakaran lahan untuk pembukaan lahan pertanian.

"Luas lahan kebakaran yang dilakukan secara perorangan mencapai 86,44 hektare dengan jumlah kasus mencapai 22 dan jumlah tersangka yang ditetapkan mencapai 16 orang yakni 15 proses sidik dan tujuh kasus masih lidik," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kalteng, Kombes Pol Adex Yudisman, Senin (27/8/2018).

Baca: Polda Kalteng Proses Dua Korporasi Diduga Membakar Lahan, Status Penyidikan dan Penyelidikan

Baca: Hasil Semifinal Bulutangkis Asian Games 2018 - Marcus/Kevin vs Fajar/Rian di Final, 1 Medali Emas!

Baca: Update Klasemen & Perolehan Medali Asian Games 2018 Senin (27/8), Indonesia Naik No 4, 3 Emas Silat

Dikatakan Adex, pihaknya juga masih memproses dua korporasi yang diduga melakukan pembakaran lahan atau lahannya terbakar di areal perusahaan perkebunan."Kami masih terus dalami kasus kebakaran lahan ini,"ujarnya.

Lebih jauh Adex menegaskan, saat dilapangan pihaknya kadang masih mengalami kendala , karena lahan yang terbakar kadang tidak ada yang mengaku pemiliknya.

"Kami segel lahan yang terbakar meskpun pelaku pembakaran masih dalam penyelidikan, selama dalam penyelidikan atau masih di segel tidak boleh ada yang memanfaatkan lahan tersebut, karena selama ini sulit mencari pemilik lahannya," ujarnya lagi. (banjarmasinpost.co.id/ faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help