Berita Banjar

Akhirnya Kemacetan di Sungai Lulut Mulai Diperhatikan, Pemerintah Akan Bangun Jembatan

Dengan dibangunnya jembatan, setidaknya bisa mengatasi kemacetan di kawasan tersebut, utamanya pada pagi dan sore hari.

Akhirnya Kemacetan di Sungai Lulut Mulai Diperhatikan, Pemerintah Akan Bangun Jembatan
BANJARMASINPOST.co.id/ahmad rizky abdul ghani
Ilustrasi/ Kapolsek Banjarmasin Timur, H Uskiansyah, meninjau lokasi jembatan Sungai Lulut, Senin (23/4/2018) malam. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Mengatasi kemacetan di daerah Sungailulut Kabupaten Banjar yang berbatasan dengan Kota Banjarmasin, digelar rapat terbatas di aula Dinas PUPR Provinsi Kalsel, Selasa (28/8). Pemerintah Kabupaten Banjar mendukung penuh rencana pembangunan jembatan tersebut.

Dengan dibangunnya jembatan, setidaknya bisa mengatasi kemacetan di kawasan tersebut, utamanya pada pagi dan sore hari. Mengingat warga di Sei Lulut sangat mengeluhkan kemacetan tersebut.

Baca: Terungkap, Karena Faktor Inilah MotoGP Inggris 2018 Dibatalkan, 3 Pebalap Jadi Korban

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Banjar, Ahmad Solhan mengatakan, rencana pembangunan jembatan Sungailulut dengan menggunakan grider baja 25 meter lebar tujuh meter dengan klasifikasi Kelas A.

Pembangunan Jembatan yang berlokasi di perbatasan Pemkab Banjar dan Pemko Banjarmasin. Nantinya pihaknya mempersiapan untuk pengadaan tanah atau lahan di APBD-P 2018 atau 2019.

“Namun melihat ketersedian dana daerah dan tentu kami laporkan dulu hasil rapat hari ini kepada pimpinan, Sekda dan Bupati,” katanya, Selasa (28/8).

Baca: Sering Kecelakaan, Pengendara yang Melintas di Tikungan Jembatan Tiung Jorong Diminta Waspada

Pemkab Banjar mempersiapkan agar di APBD-P 2018 dianggarkan untuk KJPP, konsultan untuk menentukan nilai appraisal tanah terkena dampak pembangunan jembatan, dan ini kembali melihat ketersediaan anggaran daerah dan persetujuan Sekda dan Bupati.

Selanjutnya lanjut Solhan, Dinas PUPR provinsi Kalimantan Selatan menyiapkan dan menyampaikan berupa Dokumen Perencanaan Pengadaan Tanah dimaksud kepada Pemkab Banjar sebagai tindak lanjutnya.

“Kami harapkan masyarakat agar bersabar dan memberikan dukungan atau partisipasinya agar pembangunan jembatan ini cepat terwujud,” harapnya.

Baca: Update Klasemen & Perolehan Medali Asian Games 2018 - Marcus/Kevin Raih Emas ke-24 Indonesia

Plt Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar membenarkan rapat di kantornya membahas rencana pembangunan jembatan Sei Lulut, yang berada perbatasan antara Banjarmasin dengan Pemkab Banjar.

Kesepakatan dengan perwakilan Pemkab Banjar dan perwakilan Pemko Banjarmasin yang akan menggarakan konsuktan aprilsal untuk penilaian tanah dan bangunan di lokasi pembangunan jembatan Sei Lulut pada APBDP 2018 ini.

Baca: Sandiaga Uno Mundur dari Wagub DKI, Jokowi Diminta Ikut Mundur dari Presiden, Jelang Pilpres 2019

“Adapun untuk anggaran pembebasannya di tahun 2019 dan diupayakan lahan akan bebas paling lambat bulan Juni 2019,” katanya.

Roy menambahkan, untuk anggaran pembangunan tiga buah jembatan tersebut selanjutnya akan dianggaran Dinas PUPR Provinsi Kalsel pada 2019 mendatang dan akan dilaksanakan setelah lahan benar-benar bebas.

(banjarmasinpost.co.id/Hasby Suhaily)

Penulis: Hasby
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved