Berita Banjarbaru

Ayo Dukung Basyir ke Israel, Fisikawan Remaja Banjarbaru yang Mampu Hasilkan Uang dari Fisika

Cukup panjang jalan ke Israel nanti, karena persiapan hingga akhir tahun. Di Israel nanti seminggu bila tidak aral melintang.

Ayo Dukung Basyir ke Israel, Fisikawan Remaja Banjarbaru yang Mampu Hasilkan Uang dari Fisika
banjarmasinpost.co.id/nia kurniawan
Siswa SMAN 3 Banjarbaru Basyir juara Olimpiade Sains Nasional 2018 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Sejak usia SMP Ahmad Basyir Najwan, Juara Olimpiade Sains Nasional 2018, sudah ditinggal wafat Ayahnya, Ridwan. Dia mandiri, sampai kini sudah bisa menghasilkan uang. Uniknya yang yang dihasilkan dari mata pelajaran Fisika.

Ya Fisika membantunya bertahan hidup, terlebih sang Ibu Norlia hanya seorang ibu rumah tangga. Basyir anak keempat dari empat bersaudara.

"Bapak sudah wafat, ibu tidak kerja lagi. Kakak kerja jadi kurir," kata Basyir siswa SMAN 3 Banjarbaru.

Hidup prihatin dan mandiri. Namun jangan dipandang sebelah mata, Prestasi Basyir bikin bangga siapapun yang mendengar, siapa sangka dari Cempaka sebuah kecamatan di pojok kota Banjarbaru dia akan berjuang di tingkat internasional.

Baca: Jadwal Live Indosiar Final Bulutangkis Asian Games 2018, Jojo vs Taiwan, Marcus/Kevin vs Fajar/Rian

Baca: Jadwal Lengkap Pertandingan Asian Games 2018 Selasa 28 Agustus 2018, Bulutangkis sampai E-Sports

Ya, dibalik sosoknya yang kalem dan seolah biasa-biasa saja dia ternyata juara Olimpiade Nasional Fisika. Nah, saat ini Basyir dalam persiapan untuk kompetisi internasional Olimpiade Fisika di Israel.

"Padahal sejak SMP itu saya suka Matematika, tapi guru memang tepat arahkan saya ke Fisika. Awalnya enggan tapi lama - lama Fisika ini menyenangkan , saya optimis di Israel ," ucap Basyir.

Basyir waktu tingkat nasional dapat medali emas. Untuk peringkat nasional Fisika, Basyir masuk tiga besar siswa prestasi bidang Fisika. Sebelum ke Israel juga akan fokus latihan di Yogya bersama dosen UGM, UI , ITB.

Cukup panjang jalan ke Israel nanti, karena persiapan hingga akhir tahun. Di Israel nanti seminggu bila tidak aral melintang.

Basyir mandiri sudah mencari nafkah dari Fisika. Namun hal itu tidak mengganggunya tetap giat belajar Fisika, pekerjaan sampingannya banyak dilakukan melalui smartphone.

Baca: Live Streaming Indosiar - Live Streaming Final Bulutangkis Asian Games 2018, Mulai Jam 12.00 WIB

Baca: Lalu Muhammad Zohri Banjir Pujian Gara-gara Lakukan Ini Usai Berlaga di Asian Games 2018

"Ibu sudah tak kerja , ayah susah wafat. Jadi saya sudah kerja secara online, jadi tutor online untuk pelajaran Fisika, tak banyak sita waktu karena kerja dari smartphone saja " kata Basyir yang bisa sampai tujuh jam
sehari belajar Fisika ini.

Untuk mandiri sambung hidup , Basyir juga giat di web dan YouTube.
(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help