Berita Kabupaten Banjar

Hasil Mediasi Oleh Bawaslu Loloskan Humaini Masuk DCS Kabupaten Banjar

Penyelesaian sengketa proses pemilu yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Martapura Jalan Sekumpul Ujung Martapura

Hasil Mediasi Oleh Bawaslu Loloskan Humaini Masuk DCS Kabupaten Banjar
Hasby
Humaini 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Perjuangan Humaini menjadi calon anggota legislatif dari Partai Berkarya ditingkat Kabupaten Banjar akhirnya masuk DCS. Setelah pada pembacaan putusan mediasi dengan KPU Banjar yang digelar oleh Bawaslu Banjar mengabulkan Husaini menjadi caleg di Pileg 2019, Senin (27/8).

Penyelesaian sengketa proses pemilu yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Martapura Jalan Sekumpul Ujung Martapura itu dipimpin Ketua Bawaslu Banjar, Fazeri Tamjidillah. Dihadiri Ketua KPU Banjar, Muhaimin beserta anggota dan Ketua Partai Berkarya Kabupaten Banjar, H Usman Effendi.

Humaini menceritakan, pada hari terakhir batas pengumpulan persyaratan sudah melakukan perbaikan dengan mencoba minta legalisir ijazah di kantor Dinas Pendidikan Kalsel. Namun ternyata dinas pendidikan provinsi tidak berwenang melegalisir karena domisili sekolah masih dalam wilayah Kalsel serta sekolah masih ada.

Warga Sungai Paring Martapura itu awalnya mengetahui bahwa hanya menggunakan ijazah terakhir yang legalisir, yakni S1. Menafsirkan UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilu yang menyebutkan menggunakan ijazah terakhir legalisir, namun KPU Banjar juga minta ijazah sekolah menengah atas yang dilegalisir.

“Mencoba ke dinas pendidikan provinsi minta legalisir, karena jarak ke sekolah di Amuntai cukup jauh dan waktu tambah lama. Akhirnya setelah beberapa kali bekoordinasi dengan kepala sekolahnya, beliau bersedia ditemui,” katanya.

Dirinya merupakan lulusan SMAN 1 Amuntai pada tahun 2012. Akhirnya pada 13 Agustus lalu, menemui Kepala SMAN 1 Amuntai, Ahdiyat Rahman pagi-pagi hari di Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru.

“Pada hari itu beliau mau berangkat ke Jakarta, pagi-pagi sebelum berangkat menemui beliau di bandara untuk minta tanda tangan legalisir ijazah SMAN 1 Amuntai,” jelasnya.

Humaini kini terdaftar dalam DCT Partai Berkarya di Dapil 3 meliputi Gambut, Tatahmakmur, Aluhaluh dan Beruntungbaru.

Ketua Partai Berkarya Kabupaten Banjar, H Usman Effendi HM bersyukur Humaini bisa masuk dalam DCT yang ditetapkan KPU Banjar. Total Partai Berkarya mendaftarkan calegnya ada 32 orang.

“Hanya masalah kecil yakni legalisir ijazah SMA, yang bersangkutan lulusan S1 dan kami kira itu saja yang legalisir. Tetapi semua sudah beres hari ini,” tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Hasby
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help