Berita Banjarmasin

Kemenkumham Kalsel Akan Pindahkan 9 Napi Berisiko Tinggi, ini Maksudnya

Bagaimana menyikapi adanya sinyalemen bandar narkoba berada di Lapas dan masih bisa beroperasi? Ferdinand mengatakan

Kemenkumham  Kalsel Akan Pindahkan 9 Napi Berisiko Tinggi, ini Maksudnya
bpost
bpost

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bagaimana menyikapi adanya sinyalemen bandar narkoba berada di Lapas dan masih bisa beroperasi? Ferdinand mengatakan selama ini mereka hanya 'menerima' mereka yang telah divonis pengadilan dan tugas mereka melakukan pembinaan.

"Ini jadi persoalan, kita banyak menerima, yang menangkap dan memeriksa kan kepolisian, pemberkasan adalah kejaksaan, dan putusan hukuman hakim, baru ke kita Kementerian Hukum dan HAM dalam hal ini permasyarakatan agar dibina dan tak berbuat lagi saat keluar penjara." katanya.

Baca: Pakai Mantel Super Panjang, Lucinta Luna Jatuh dari tangga Saat Syuting

Pihaknya pun hingga kini terus menerus melakukan razia barang-barang terlarang di Lapas dan Rutan.

Dimana tidak menunggu satu minggu sekali atau apa namun jika ada insikasi maka terus dilakukan razia agar tak terjadi.

Ferdinand pun mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan memindahkan sembilan narapidana narkoba berisiko tinggi (high risk).

Baca: Ayu Ting Ting Tak Kapok Main Film Horor, Asal Ada Yang Jagain, Raffi Ahmad?

"Sembilan narapidana high risk akan secepatnya kita pindahkan ke Jawa Timur dalam hal ini Madiun dan Malang," ucap Ferdinand didampingi Kepala Divisi Permasyarakatan Asep Syarifudin.

Apa kategori high risk? Apakah vonis misal di atas 10 tahun atau lainnya? Asep menambahkan bukan masalah hukuman.

Tetapi adanya pemberitahuan BNN ke pihaknya bahwa inilah orang yang memiliki high risk yang mana dikhawatirkan adanya pengendalian narkoba.

Baca: Raffi Ahmad Minta Bantuan Rafathar Bujuk Nagita Slavina Untuk Punya Adik

"Mereka masih berpotensi pengendali dan nama-nama ini harus segera dipindahkan," papar Asep yang enggan menyebutkan nama-nama narapidana yang akan dipindahkan.

Selain memindahkan para narapidana narkoba ke Jawa nantinya pihaknya memindahkan para narapida ke Lapas dan Rutan di luar Banjartmasin.

"Karena Lapas Banjarmasin over crowded (kelebihan, Red) maka akan kita pindahkan ke Lapas dan Rutan yang agak lengang. Walaupun sebenarnya crowded juga, seperti tahanan narkoba ke rutan Karang Indang," paparnya.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help