Melihat Sekolah Islam Terpadu di Barabai

Sediakan Tiga Mini Bus Antar Jemput Siswa, Upaya SIT Al Khair Barabai Menambah Penghasilan

Bus sekolah tersebut dioperasikan untuk mengantar jemput siswa yang tinggal di Barabai dan yang tinggal di kecamatan lain.

Sediakan Tiga Mini Bus Antar Jemput Siswa, Upaya SIT Al Khair Barabai Menambah Penghasilan
Istimewa
Bus antar jemput siswa SIT Al Khair 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Sebagai sekolah yang mengandalkan sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) dan infak orang tua siswa, Yayasan  Alfuthuwah SIT Al Khair Barabai berupaya menambah penghasilan dengan usaha angkutan. Tiga minibus antar jemput siswa kini menjadi sumber pendapatan.

Bus sekolah tersebut dioperasikan untuk mengantar jemput siswa yang tinggal di Barabai dan yang tinggal di kecamatan lain seperti kecamatan Batangalai Selatan.

“Tarif yang kami berlakukan cukup murah, hanya Rp 5.000 sekali antar dan sekali jemput. Ini jauh lebih murah ketimbang jasa angkutan lain, dengan jaminan keamanan pihak sekolah sampai ke rumah,”ungkap Deddy Winarno, Ketua Yayasan Alfuthuwah. Usaha lainnya, adalah berjualan buku pelajaran, buku tulis, dan seragam  sekolah.

Meski kebanyakan siswa dari  orangtua mampu dari sisi ekonomi, pihak yayasan, kata dia, memberikan sekolah gratis bagi anak yatim dan anak tak mampu yang berprestasi.

Baca: SIT Al Khair Bolehkan Siswa Tidur di Sekolah, untuk Menjaga Kondisi Fisik Siswanya

Baca: Tak Nambah Pelajaran Agama, SIT Al Khair Menerapkan Nilai Islam di Keseharian Siswa

Menurut Deddy ada 25 anak yatim yang kini sekolah di Alkhair, dan dibebaskan dari segala biaya.  Upaya meningkatkan kesejahteraan pengajar serta penambahan fasilitas sekolah menurut Deddy dilakukan dengan rencana mengelola berbagai usaha.

Antara lain, menyewakan gedung Aula sekolah. Juga sedang mengupayakan untuk membeli mesin gas rice cooker berkapasitas besar. Selain untuk mendukung pelayanan konsumsi makan siang siswa, juga untuk disewakan kegiatan pesta pernikahan.

“Dengan memiliki berbagai usaha, diharapkan dana untuk operasioanl sekolah bertambah, dan iuaran SPP pun bisa lebih murah,” katanya. (banjarmasinpost.co.id/hanani)   

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help