Berita Kabupaten Banjar

Bagi Masker Antisipasi ISPA, Total Sudah 155.36 Ha Lahan Terbakar di Banjar

Kabut asap sejak beberapa hari terakhir menyelimuti udara di Kota Martapura serta sejumlah kecamatan lainnya di Kabupaten Banjar

Bagi Masker Antisipasi ISPA, Total Sudah 155.36 Ha Lahan Terbakar di Banjar
istimewa
Bagi Masker 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kabut asap sejak beberapa hari terakhir menyelimuti udara di Kota Martapura serta sejumlah kecamatan lainnya di Kabupaten Banjar.

Guna menghindari merebaknya penyakit saluran pernapasan atau ISPA, Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar mengantisipasinya dengan membagikan ribuan masker kepada pengguna jalan.

Masker dibagikan di tiga titik di Jalan Ahmad Yani yakni oleh UPT Puskesmas Kertak Hanyar di kilometer 7, UPT Puskesmas Gambut di kilometer 14.

Sedangkan petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar membagikan masker di kilometer 40, persis di depan kantor Pemkab Banjar, di Martapura.

Baca: Pria ini Presiden Termiskin di Dunia, Sumbangkan 80 Persen Gaji dan Ingin Menentang Rasuah

Berdasarkan data hasil dari lima puskesmas yang menggunakan Sistem Informasi Kesehatan Daerah (Sikda) Generik secara online, diperoleh tren peningkatan penyakit saluran pernapasan yang diderita warga.

Informasi dari Kepala UPT Puskesmas Martapura 1, dr Nurmah Megawati, di Puskesmas Martapura 1 juga terjadi peningkatan jumlah penderita saluran pernapasan dari Bulan Juni sebanyak 136 menjadi 216 pada bulan Juli.

Menurut Kepada Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Rusidawati, kegiatan pembagian masker dilakukan untuk mencegah merebaknya penyakit saluran pernapasan akibat kabut asap.

Baca: Berharap Simpati, Aksi #2019GantiPresiden Disebut Bawaslu Justru Bisa Tuai Antipati

“Pasien penyakit saluran pernapasan kecenderungan meningkat sejiak 30 hari terakhir, hingga menjadi penyakit urutan dua terbanyak. Atas instruksi dari Kadis Kesehatan, Ikhwansyah, kami melakukan pembagian masker kepada para pengendara motor,” katanya, Rabu (28/8).

Pembagian masker juga dimaksudkan agar warga sadar serta berjaga-jaga agar terihindar dari penyakit saluran pernapasan.

Warga diharapkan selalu waspada dari bahaya asap akibat kebakaran lahan dan senantiasa menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Halaman
12
Penulis: Hasby
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved