Berita Kabupaten Banjar

Eksekusi Terpidana Korupsi KPU, Kejari Kabupaten Banjar Tunggu Salinan Putusan Lengkap

Kuasa hukum terpidana, Ali Martado mengatakan, sampai sekarang pihaknya belum mengetahui rencana Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar melakukan eksekusi

Eksekusi Terpidana Korupsi KPU, Kejari Kabupaten Banjar Tunggu Salinan Putusan Lengkap
Hasby
Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar, Muji Martopo didampingi Kasipidsus, Tri Taruna Fariadi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Sudah sepekan mengumumkan akan mengeksekusi terpidana korupsi KPU Banjar, Ahmad Faisal, hingga kini Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar belum melaksanakan eksekusi, Rabu (29/8).

Kuasa hukum terpidana, Ali Martado mengatakan, sampai sekarang pihaknya belum mengetahui rencana Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar melakukan eksekusi terhadap kliennya, Ahmad Faisal.

Dia menjelaskan, sejak sebelum Idul Adha lalu, pihaknya sudah mengirimkan surat agar ditunda pelaksanaan putusannya sampai dengan ada pemberitahuan resmi dari pengadilan. Juga sampai ada fatwa dari MA mengenai makna putusan yang dikirimkan.

Baca: Link Live Streaming Vidio.com Pertandingan Silat Asian Games 2018, 8 Medali Emas Lagi Diperebutkan

“Surat nya kami tujukan ke Kejari Kabupaten Banjar, tembusannya ke Kejati dan Kejagung,” katanya.

Dia menambahkan, kemungkinan dikarenakan adanya surat permohonan penundaan eksekusi tersebut, sehingga sampai sekarang jaksa belum melaksanakan eksekusi. Ditegaskannya, karena memang prosedurnya demikian.

Baca: Hidayat Nur Wahid Singgung Persekusi Pers Terkait ILC Batal Tayang, Said Didu Semangati Karni Ilyas

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar, Muji Martopo ketika dikonfirmasi secara singkat mengatakan, pihaknya menunggu salinan lengkap putusan dari Mahkamah Agung.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar sudah memanggil terpidana kasus korupsi KPU Banjar, Ahmad Faisal. Terkait adanya salinan putus yang diterima Kejari Martapura untuk melakukan eksekusi terpidana yang sebelumnya merupakan tahanan kota.

Kasipidsus Kejari Martapura, Tri Taruna Fariadi mengatakan, pihaknya hanyalah eksekutor atau menjalankan tugas terkait melakukan penahanan terhadap terpidana. Melaksanan salinan putusan dari MA RI atas kasasi.

“Memang rencananya dalam minggu kemarin melaksanakan eksekusi, namun sementara ditunda. Oleh sebab itulah rencana besok kami undang kembali yang bersangkutan datang ke Kejari,” katanya, beberapa waktu lalu.

Baca: Update Klasemen & Perolehan Medali Asian Games 2018, Silat Beri Medali Emas Ke-25 Indonesia

Jaksa Fungsional, Evan Adi Wicaksana menambahkan, pihaknya berpedoman pada pasal 270 KUHAP, terkait pelaksanaan putusan pengadilan. Yakni, pelaksanaan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap dilakukan oleh jaksa yang untuk itu panitera mengirimkan salinan surat putusan kepadanya.

Halaman
12
Penulis: Hasby
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help