Berita Banjarmasin

Petani Binaan BI Kalsel Akan Bawa Tabela ke Peringatan Hari Pangan Sedunia di Jejangkit

Menggunakan alat yang diberi nama Tanam Benih Langsung (Tabela), para petani yang tergabung di Kelompok Tani Sidodadi ini bisa menghemat tenaga

Petani Binaan BI Kalsel Akan Bawa Tabela ke Peringatan Hari Pangan Sedunia di Jejangkit
achmad maudhody
Tabela kreasi Kelompok Tani asal Tanbu Kalsel hemat akan dipamerkan di Peringatan Hari Pangan Sedunia di Jejangkit Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Petani di Desa Karangmulya, Kabupaten Tanahbumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel) kreasikan alat tanam padi tingkatkan efisiensi operasional berkali-kali lipat.

Menggunakan alat yang diberi nama Tanam Benih Langsung (Tabela), para petani yang tergabung di Kelompok Tani Sidodadi ini bisa menghemat tenaga dan biaya sangat signifikan.

Terlihat sederhana, alat yang dibuat dari rangkaian pipa paralon, kerangka besi dan kayu ini dioperasikan dengan cara ditarik dan dengan otomatis menyebar benih di atas lahan persawahan.

Baca: Link Live Streaming Vidio.com Pertandingan Silat Asian Games 2018, 8 Medali Emas Lagi Diperebutkan

Benih yang ditabur ditampung dalam pipa paralon kurang lebih berdiameter 4 inci diberi lubang-lubang dengan jarak tertentu sebagai saluran keluarnya benih.

Sebelum ditanam menggunakan Tabela, agar optimal benih sebelumnya direndam selama 1,5 hari dan ditiriskan 1,5 hari sebelum ditanam.

Dijelaskan Ketua Kelompok Tani Sidodadi yang merupakan kelompok tani binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalsel (KPw BI Kalsel) ini, Marjuni, dengan Tabela biaya tanam hanya memakan biaya kisaran Rp 1,2 juta perhektar.

Baca: Update Klasemen & Perolehan Medali Asian Games 2018, Silat Beri Medali Emas Ke-25 Indonesia

Datangkan manfaat besar bagi efisiensi waktu dan keuangan bagi para petani binaan KPw Bank Indonesia Provinsi Kalsel ini, Tabela rencananya akan dibawa pada kegiatan Peringatan Hari Pangan Sedunia 2018 di Jejangkit, Barito Kuala, Kalsel, Jumat (31/8/2018).

"Mudah-mudahan nanti di sana bisa menginspirasi dan membawa manfaat positif juga untuk teman-teman petani di Batola," kata Marjuni. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help