Berita Banjarmasin

Philipus Lima Kali Nge-bom Air di Guntung Damar Banjarbaru, Padamkan Karhutla

Tidak ayal jika pagi sudah berangkat ke lokasi Guntung Damar Banjarbaru untuk melakukan pemboman air dari tim satgas udara.

Philipus Lima Kali Nge-bom Air di Guntung Damar Banjarbaru, Padamkan Karhutla
Banjarmasinpost.co.id/aya sugianto
Helikopter MI8 EY-222 mengambil air untuk memadamkan kebakaran lahan di Guntung Damar Banjarbaru, Senin (27/8/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pengeboman air kemarin masih beroperasi di pemadaman Guntung Damar Banjarbaru. Lokasi yang tak jauh dari bandara tersebut menjadi pusat pengeboman air. Tidak ayal jika pagi sudah berangkat ke lokasi Guntung Damar Banjarbaru untuk melakukan pemboman air dari tim satgas udara.

Siang hari, dilaporkan oleh satgas darat bahwa ada lokasi titik api yang jauh dari jangkauan Satgas darat. Lokasinya yakni di kawasan bukit Langkaras Desa Sei Jelai.

Tim Satgas Udara tersebut langsung bergegas menuju ke lokasi spot yang sudah ditentukan. Tidak sampai lima kali bom air di areal semak belukar yang terjadi di Bukit Langkaras Sei jelai tersebut kemudian turun hujan.

"Ini sempat lima kali bom air di bukit Langkaras, namun sudah turun hujan. Jadi kami berbegas kembali ke Bandara," kata HLO Tim Satgas Udara helikopter MI8 EY-222, Philipus, Rabu (29/8/2018).

Baca: Bangunan Liar di Taman Kamboja Dibongkar Paksa Hari Ini, Warga Minta Tenggat Waktu Sampai Sore

Baca: Ruhut Sitompul Sebut Karni Ilyas Begini Usai ILC Batal Tayang, Cara Lihat Pro & Kontra Pemerintah?

Karena itu tim pun diingatkan untuk berhati hati karena hujan ternyata cukup deras. Diketahui, hingga kini luasan areal lahan kebakaran hutan dan lahan yang mendominasi adalah lahan kawasan Areal Penggunaan Lain (APL) alias semak belukar. Untuk sektor perkebunan dan kehutanan masih minim.

Data di BPBD Kalsel terekam mulai 01 Januari – 28 Agustus 2018 berjumlah 409 kali kejadian kebakaran, dengan total keseluruhan luas lahan terbakar seluas 1.405,75 Hektar.

Heli Pemadaman kebakaran lahan di Syamsudin Noor
Helikopter MI8 EY-222  untuk pemadaman kebakaran lahan saat mendarat di Syamsudin Noor, Senin (27/8/2018) (Banjarmasinpost.co.id/aya sugianto)

"Sejauh ini ada dua lahan yang rata rata terbakar yakni lahan APL semak belukar biasa ada semak belukar yang gambut," kata kepala BPBD Kalsel Wahyuddin.

Menurut dia sejauh ini, Kondisi musim puncak kemarau sedang dihadapi, dan satuan tugas sudah berkerja dengan baik. Namun kendalanya memang ada daerah-daerah yang tidak terjangkau dengan baik alat pemadam dari satgas darat dan kini sudah dibantu dengan heli waterbombing.

Baca: 150 Personel Satpol PP Dikerahkan Untuk Membongkar Bangunan Liar di Taman Kamboja

Baca: Jadwal Lengkap Pertandingan Asian Games 2018 Kamis 30 Agustus 2018, Indonesia Masih di Posisi 4

Sebagai operator IT, Erie, selalu melakukan update data areal yang diinput dari kabupaten kota se Kalsel di BPBD Kalsel. "Kita lakukan update setiap harinya, termasuk untuk laporan operasi satgas udara," kata Erie.

Perwakilan Direksi wise air yang mengkoordinasi heli Mi8 EY-222, Yopie S Manto menjelaskan heli masih akan berada di Bandara Syamsuddin Noor hingga sampai selesai operasi karhutla.

Kebakaran lahan di kawasan Guntung Damar, Banjarbaru terpantau dari udara, Senin (27/8/2018) lalu.
Kebakaran lahan di kawasan Guntung Damar, Banjarbaru terpantau dari udara, Senin (27/8/2018) lalu. (Banjarmasinpost.co.id/aya sugianto)

"Ya sampai ada intruksi pemberhentian kita akan geser. Heli ini baru digeser dari Palembang, ke Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin. Bergeser ke sini atas permintaan BNPB dan BPBD setempat. Hari ini ada langsung operasi pemadaman dari koordinat yang sudah ditentukan yakni di Landasan Ulin," kata Yopie S Manto. (lis)

Luas Lahan Terbakar berjumlah 416 kali :
1. Banjarmasin : 2 Ha
2. Banjarbaru : 369,6 Ha
3. Banjar : 272,1 Ha
4. Baritokuala : 8,3 Ha
5. Tapin : 147,15 Ha
6. Hulu Sungai Selatan : 134,1 Ha
7. Hulu Sungai Tengah : 16,8 Ha
8. Hulu Sungai Utara : 95,5 Ha
9. Balangan : 27,5 Ha
10. Tabalong : 17 Ha
11. Tanahlaut : 297,8 Ha
12.Tanahbumbu : 36 Ha
13. Kotabaru : 7,9 Ha
Total keseluruhan luas lahan terbakar : 1.431,75 Ha

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help