Berita Tanahlaut

Satu Bacaleg di Tanahlaut Mundur, 4 Bacaleg Lainnya Terancam Dicoret

Lima bakal calon legislatif (bacaleg) yang mendapat tanggapan publik sudah dilakukan klarifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanahlaut.

Satu Bacaleg di Tanahlaut Mundur, 4 Bacaleg Lainnya Terancam Dicoret
banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid
Warga mencermati daftar calon legislatif sementara yang dipajang di Kantor KPU Kabupaten Tanahlaut, Kamis (30/8/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Lima bakal calon legislatif (bacaleg) yang mendapat tanggapan publik sudah dilakukan klarifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanahlaut.

Itu dikatakan Ketua KPU Kabupaten Tanahlaut, Arif Mukhyar saat dikonfirmasi reporter Banjarmasinpost.co.id, Kamis (30/8/2018).

Menurut Arif Mukhyar, dari lima Bacaleg itu, satu orang dipastikan tidak dapat digantikan dengan bacaleg lainnya karena mengundurkan diri dari keanggotaan di partai politik.

Baca: Isu Cacing di Haruan Berdampak di Banjarmasin, Farin Kehilangan Satu Pelanggan

"Bacaleg yang mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik otomatis tidak dapat digantikan dan partai politik sudah menyetujui. PAN Tanahlaut kurang bacaleg dari semula 35 bacaleg menjadi 34 bacaleg," katanya.

Sementara itu, empat bacaleg lainnya, Arif Mukhyar mengaku tiga bacaleg, dua dari Partai Golkar Tanahlaut dan satu dari PKB Tanahlaut, masih menunggu surat pengunduran diri dari jabatannya.

"Ketiga bacaleg itu diketahui menerima gaji dari APBD atau tenaga honorer. Dalam peraturan KPU, bacaleg tidak boleh menerima gaji dari APBD ataupun APBN," katanya.

Baca: Update Klasemen & Perolehan Medali Asian Games 2018, Zohri dkk Sumbang Perak di Nomor Estafet Putra

Menurut Arif Mukhyar, hingga batas toleransi 5 September 2018 nanti, berkas bacaleg yang mendapat tanggapan publik ditindak dilengkapi terpaksa dinyatakan tidak memenuhi syarat dan tercoret sebagai bacaleg.

Sementara untuk, bacaleg dari Partai Nasdem Tanahlaut, masih menunggu jawaban dari Pengadilan Negeri Pelaihari, karena setelah diklarifikasi yang bersangkutan pernah menjalani hukuman pidana.

Saat ini, KPU Kabupaten Tanahlaut menunggu proses kelengkapan berkas bacaleg pasca klarifikasi atas tanggapan publik.

Baca: Tipe Cewek Idaman Jonatan Christie Diungkap Antony Ginting, Disebut Suka yang Lebih Tua

Dari 35 kuota kursi legislatif di DPRD Kabupaten Tanahlaut. Sebanyak 375 bacaleg berebut simpati pemilih di Pemilu 2019 nanti.

Seperti diwartakan KPU Kabupaten Tanahlaut mengumumkan daftar calon legislatif sementara yang dipasang di media massa dan kantor KPU Kabupaten Tanahlaut untuk mendapatkan tanggapan masyarakat.

Lima bacaleg, kemudian ditanggapi masyarakat sehingga diklarifikasi KPU Kabupaten Tanahlaut ke pengurus partai politik bersangkutan, yaitu Muhammad Riduansyah dan Hefni, keduanya kader Partai Golkar Tanahlaut.

Kemudian, Ferian Hardi, kader PKB Tanahlaut, Mashadi, kader PAN Tanahlaut dan Hermansyah, kader Partai Nasdem Tanahlaut mendapat tanggapan publik. (banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help