Tenaga Kerja China Datangi Kalsel

Ada Puluhan Perusahaan di Kalsel Pakai TKA, Terbanyak Pabrik Semen dan Tambang Batu Bara

Sebanyak 30 orang yang telah memiliki Visa Tinggal Terbatas (VITAS) dari Kedutaan RI di China yaitu visa untuk bekerja selama 1 tahun (B-312).

Ada Puluhan Perusahaan di Kalsel Pakai TKA, Terbanyak Pabrik Semen dan Tambang Batu Bara
istimewa/ Imigrasi Kalsel
Sejumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) dari China tiba di Bandara Syamsudin Noor 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Beberapa waktu lalu puluhan TKA asal China tiba di Bandara Syamsudin Noor. 

Sebanyak 30 orang yang telah memiliki Visa Tinggal Terbatas (VITAS) dari Kedutaan RI di China yaitu visa untuk bekerja selama 1 tahun (B-312). 

Mereka diwajibkan datangi Kantor Imigrasi Banjarmasin untuk mendapatkan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS). Kedatangan puluhan tenaga kerja asing ini sempat jadi buah bibir di media sosial. 

Baca: Dinilai Punya Keahlian Khusus, Pekerja Asal China Akan Bekerja di Bawah Tanah

Kepada reporter banjarmasinpost.co.id, Jumat (31/8) Kepala Divisi Keimigrasian Kalimantan Selatan Dodi Karnida mengatakan di Kalimantan Selatan ini, dari sekitar 20-an perusahaan yg menggunakan TKA tidak banyak yang menggunakan TKA dalam jumlah besar puluhan sampai ratusan, kecuali yaitu hanya pabrik semen dan pertambangan batu bara saja. 

Baca: Ternyata Pekerja Asal China Itu Bekerja di Perusahaan Tambang Batu Bara di Banjar

"Dengan adanya informasi dari pihak Keimigrasian, maka terjawab sudah keberadaan dan kegiatan para TKA di Kalimantan Selatan itu. Karena ketika mereka baru tiba 28 Agustus yang lalu, baik Imam petugas Porter Bandara maupun Kamto petugas parkir VIP Bandara Samsudin Noor yang dimintai informasi tidak tahu sama sekali apakah mereka ini turis, TKA legal atau TKA Ilegal. Sehingga masyarakat hanya bisa menebak-nebak saja. Apalagi mereka berdua tidak sempat menanyai sopir bus penjemput para WNA tersebut," pungkasnya. 
(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved