Berita Tanahlaut

Cacing Ikan Haruan Tak Berbahaya, Ini Kata Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Tala

Cacing yang terdapat dalam ikan haruan asal Desa Kandangan Lama, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut, tak berbahaya.

Cacing Ikan Haruan Tak Berbahaya, Ini Kata Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Tala
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Tanahlaut, Rizayadi memperlihatkan hasil uji ikan gabus asal Desa Kandangan Lama, dari Laboratorium Pengujian Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Mandiangin di ruang kerjanya, Jumat (31/8/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Cacing yang terdapat dalam ikan haruan asal Desa Kandangan Lama, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut, tak berbahaya.

Itu dikatakan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Tanahlaut, Rizayadi usai menerima surat Laboratorium Pengujian Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Mandiangin.

"Kami sudah menerima hasil uji dari Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Mandiangin. Hasilnya bukan cacing tapi parasit," katanya ditemui reporter Banjarmasinpost.co.id, Jumat (31/8/2018).

Baca: Mahar Politik Sandiaga Uno Tak Terbukti, Andi Arief : Bawaslu Mirip Mandor Zaman Belanda

Baca: Bonus Untuk Jonatan Christie 1,5 Miliar Dkk Segera Cair, Pelatih dan Asisten Juga Dapatkan Bonus

Baca: Deretan Konglomerat Banjiri Jonatan Christie Dkk dengan Barang Bermerek, Kekasih Maia Estianty?

Menurut Rizayadi, parasit dalam daging ikan gabus atau haruan asal Desa Kandangan Lama tak membahayakan dikonsumsi jika dimasak dengan suhu 55 derajat celcius.

"Apakah daging ikan gabus itu digoreng atau dibakar dengan suhu 55 derajat celcius tidak membahayakan jika dikonsumsi," katanya.

Rizayadi mengaku hasil uji tidak saja dari laboratorium pengujian Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Mandiangin, tapi didukung hasil pengujian dari Balai Karantina di Bandara Syamsudin Noor.

(banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

 

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved