Mengintip Budaya Korea di ULM

Mahasiswa yang Belajar di Pusko Rata-rata Menyukai K-pop

Mahasiswa yang belajar di Pusat Studi Korea (Pusko) di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, adalah pecinta Kpop dan drama Korea.

Mahasiswa yang Belajar di Pusko Rata-rata Menyukai K-pop
istimewa
Mahasiswa ULM di Pusko bersama pengajar asal Korea Selatan 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Mahasiswa yang belajar di Pusat Studi Korea (Pusko) di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, rata-rata adalah pecinta Kpop dan drama Korea.

Pusko dibentuk sebagai sebagai tempat bagi mahasiswa ULM untuk mempelajari kebudayaan dan bahasa asing khususnya Bahasa Korea.

Belajar bahasa Korea di Pusko tidak dipungut biaya sepeserpun.

Baca: Isu Cacing di Ikan Haruan di Kalsel Ternyata Benar, Begini Penjelasan Kepala Balai Perikanan

"Di sini kalau mau daftar cukup pakai fotokopi KTM (kartu mahasiswa)," terang Rabi, seorang staff Pusko, Selasa, (28/08/2018).

"Selama kuota masih ada, bisa diterima aja. Karena maksimal kami cuma menerima 200 mahasiswa saja per semester karena ruangan yang terbatas," kata mahasiswi jurusan FKIP Bahasa Inggris itu.

Dia menambahkan, tidak ada syarat khusus untuk bergabung bersama Pusko, asalkan mahasiswa tersebut  tertarik dan serius untuk mempelajari bahasa dan Budaya Korea.

Baca: Driver Ojek Online Banjarmasin Ini Viral Setelah Dapat Order Fiktif Donat Rp 1,5 Juta

"Selama dia mahasiswa ULM bisa diterima. Kalau dari universitas lain nggak bisa. Pusko ini kan punya ULM dan masih di bawah UPT (Unit Pelayanan Teknis) laboratorium bahasa universitas," tambah Rabi.

Staff Pusko lainnya, Ayu mengungkapkan, kebanyakan mahasiswa yang bergabung dengan Pusko adalah mereka yang menyukai musik Kpop atau drama Korea.

"Yang gabung di sini rata-rata mereka yang pengin ketemu Oppa (sebutan kakak untuk idola Korea)," ujar Ayu sambil tertawa.

Baca: Jadwal Lengkap Pertandingan Asian Games 2018 Jumat 31 Agustus 2018, Tim Basket Indonesia Main!

Sebut saja Rilla, mahasiswi penggemar Boyband Wannaone itu bergabung dengan Pusko karena menyenangi drama Korea dan berharap bisa bertemu serta berinteraksi langsung dengan idolanya.

"Pengin aja bisa Bahasa Korea, selain suka dengerin lagu-lagunya, saya juga suka nonton dramanya," tuturnya.

Tak jauh berbeda dengan Nida, mahasiswi Pendidikan Matematika itu mengaku belajar bahasa Korea di Pusko karena menyukai hal-hal yang berkaitan dengan Korea Selatan.

(banjarmasinpost.co.id/noor masrida)

Penulis: Noor Masrida
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved