Bumi Antaluddin

Sosialisasi Peran dan Fungsi LKBH Korpri Kabupaten HSS

Sosialisasi Peran dan Fungsi Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Korpri Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bagi aparatur

Sosialisasi Peran dan Fungsi LKBH Korpri Kabupaten HSS
istimewa/ Protokol dan kehumasan
Sosialisasi Peran dan Fungsi Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Korpri Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bagi aparatur sipil negara (ASN) di gelar di Pendopo Wakil Bupati HSS 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Sosialisasi Peran dan Fungsi Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Korpri Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bagi aparatur sipil negara (ASN) di
gelar di Pendopo Wakil Bupati HSS.

Kegiatan yang berlangsung Kamis (30/8) ini dengan materi yang diberikan adalah peran dan fungsi advokat, hak dan kewajiban saksi dalam hukum pidana.

LKBH Korpri Kabupaten HSS adalah unit pelaksana kegiatan dibawah pembinaan dan bertanggungjawab kepada DP Korpri Kabupaten HSS yang bertugas memberikan pelayanan konsultasi dan bantuan hukum bagi anggota korpri atau instansi tempat anggota korpri mengabdi.

Asisten Administrasi Pemerintahan Tafrinsyah mengatakan atas nama Pemda mengucapkan terimakasih kepada narasumber yang telah berkenan hadir menjadi narasumber pada sosialisasi ini

Asisten Administrasi Pemerintahan Tafrinsyah mengatakan atas nama Pemda mengucapkan

terimakasih kepada narasumber yang telah berkenan hadir menjadi narasumber pada

sosialisasi ini (istimewa/ Protokol dan kehumasan)

Adapun standar operasional prosedur LKBH Korpri Kabupaten HSS dalam memberikan pelayanan perlindungan dan bantuan hukum meliputi bidang litigasi, bidang konsultasi dan bantuan hukum non litigasi, serta bidang kajian dan sosialisasi hukum.

Hadir pada kegiatan sosialisasi tersebut Asisten Administrasi Pemerintahan Pemkab HSS Tafrinsyah dengan narasumber dari Peradi H Syahrani beserta rombongan.

Sosialisasi Peran dan Fungsi Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Korpri Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bagi aparatur sipil negara (ASN) di gelar di Pendopo Wakil Bupati HSS

Sosialisasi Peran dan Fungsi Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Korpri

Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bagi aparatur sipil negara (ASN) di gelar di Pendopo

Wakil Bupati HSS (istimewa/ Protokol dan kehumasan)

Asisten Administrasi Pemerintahan Tafrinsyah mengatakan atas nama Pemda mengucapkan terimakasih kepada narasumber yang telah berkenan hadir menjadi narasumber pada sosialisasi ini.

Pihaknya berharap kerjasama yang ada ini bisa terjalin berkelanjutan.

Selain itu, dia juga berpesan kepada para peserta sosialisasi untuk bisa menggunakan kesempatan itu dan manfaatkan untuk sama-sama meningkatkan SDM.

H Syahrani selaku narasumber menjelaskan penegak hukum yang mempunyai fungsi dan kewajiban yang berperan dalam pembangunan hukum, pembaruan hukum dan pembuatan formulasi rumusan hukum.

Pekerjaan advokat tidak hanya dalam bidang litigasi akan tetapi mencakup pekerjaan lain diantaranya memberi pelayanan hukum, pemberi nasehat hukum, pemberi konsultasi hukum, pemberi pendapat hukum.

Tidak hanya itu, advokad juga pemberi informasi hukum, membela kepentingan klien, mewakiki klien dipengadilan, memberi bantuan hukum cuma-cuma serta membela dan melindungi hak asasi manusia.

Dia menjelaskan bahwa saksi adalah orang yang dapat memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan, penuntutan dan peradilan tentang suatu perkara pidana yang ia dengar sendiri, ia lihat sendiri dan ia alami sendiri.

Adapun hak saksi diantaranya dipanggil dengan sah serta diberitahu alasannya, dilakukan pemeriksaan di tempat kediamannya, memberikan keterangan tanpa tekanan, menolak menandatangani berita acara dengan memberikan alasan yang kuat, tidak diajukan pertanyaan yang berat, penerjemah jika saksi bisu atau tuli dan tidak dapat menulis.

Sedangkan kewajiban saksi antara lain tetap hadir disidang setelah memberikan keterangan dan mengucapkan sumpah/janji menurut cara agamanya. (AOL/*)

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved