Berita Tanahlaut

Sukamta Inginkan Desa Martadah Baru Jadi Sentra Sasirangan, Ini Tanggapan Kepala Desanya

Desa Martadah Baru, Kecamatan Tambangulang, Kabupaten Tanahlaut, bakal dijadikan sentra perajin sasirangan khas Tanahlaut.

Sukamta Inginkan Desa Martadah Baru Jadi Sentra Sasirangan, Ini Tanggapan Kepala Desanya
Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid
Kepala Desa Martadah Baru, Slamet Prayitno 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Desa Martadah Baru, Kecamatan Tambangulang, Kabupaten Tanahlaut, bakal dijadikan sentra perajin sasirangan khas Tanahlaut.

Itu disampaikan Bupati Tanahlaut terpilih, Sukamta setelah melihat keberadaan perajin batik Sasirangan di Desa Martadah Baru belum lama ini.

Menurut Sukamta, perajin kain Sasirangan di Desa Martadah Baru mampu menciptakan produk motif khas asal Tanahlaut.

Terkait motif itu, Sukamta ingin membuat regulasi dan sangat mungkin Desa Martadah Baru dijadikan model percontohan Kampung Sasirangan ala Tanahlaut.

Baca: Atlet Asian Games 2018 Ini Jadi PNS pada Usia 78 Tahun, Tak Mau Ambil Bonus Tapi Diserahkan ke Sini

Baca: Narkoba Makin Kuat Merambah Sekolah, Faktanya Ada di RSJ Sambang Lihum

Kepala Desa Martadah Baru, Slamet Prayitno mengaku sudah berbicara banyak dengan Sukamta saat bertandang ke Desa Martadah Baru.

Dia pun bangga karena perajin kain Sasirangan di Desa Martadah Baru mendapatkan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Tanahlaut.

"Saya ditawari menyediakan 1000 lembar kain Sasirangan khas Tanahlaut. Insya Allah saya bilang sanggup," kata Slamet Prayitno.

Menurut Slamet Prayitno, perajin Sasirangan yang dibinanya selama ini tidak hanya di Desa Martadah Baru dan sekitarnya.

Baca: Kadar Garam di Sungai Bilu Mulai Stabil, Hingga Pukul 14.00 Wita Angkanya Segini

Tapi, perajin Sasirangan yang dibinanya sudah menyebar ke desa tetangga, seperti Desa Pemuda di Kecamatan Pelaihari dan Desa Kunyit, Kecamatan Bajuin.

Sebelum terpilih sebagai Kepala Desa Martadah Baru, pada akhir 2017 lalu, Slamet Prayitno sudah melakukan pembinaan dan pelatihan cara membuat kain Sasirangan khas Tanahlaut.

"Sasirangan khas Tanahlaut itu satwa Kijang Mas dan bunga Teratai. Kalau aparat desa di Pemerintah Desa Martadah Baru sudah wajib punya pakaian seragam Sasirangan khas Tanahlaut," katanya. (banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help