Pemilu 2010

Bawaslu Siap Penuhi Undangan Wiranto Terkait Mantan Koruptor Boleh Mencaleg di Pemilu 2019

pihaknya akan menghormati undangan Wiranto selaku menteri koordinator yang menangani persoalan politik.

Bawaslu Siap Penuhi Undangan Wiranto Terkait Mantan Koruptor Boleh Mencaleg di Pemilu 2019
(KOMPAS.com/ESTU SURYOWATI)
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum RI (Bawaslu) Abhan di kantor usai menerima audiensi dari Kapolri Tito Karnavian, Mendagri Tjahjo Kumolo, dan Menkominfo Rudiantara, Jakarta, Selasa (9/1/2018). 

Bawaslu Siap Bertemu Wiranto Bahas Polemik Bakal Caleg Eks Koruptor 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Rencana Menko Polhukam Wiranto meminta penjelasan Bawaslu terkait kebijakan meloloskan sejumlah mantan narapidana kasus korupsi sebagai bakal calon legislatif (Bacaleg) mendapat sambutan. 

Dilansir dari Kompas.com, Ketua Bawaslu Abhan menuturkan, pihaknya siap dipanggil Menko Polhukam Wiranto terkait kebijakan Bawaslu yang meloloskan sejumlah mantan narapidana korupsi sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) dalam Pemilu 2019.

"Ya, kami kalau diundang untuk koordinasi ya, welcome aja," kata Abhan usai mengisi kegiatan pembekalan caleg Partai Nasdem di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Minggu (2/9/2018) sore.

Abhan menegaskan, pihaknya akan menghormati undangan Wiranto selaku menteri koordinator yang menangani persoalan politik.

Baca: CPNS 2018 - Lima Tahapan Dalam Setiap Jadwal Rekrutmen CPNS, Ingat Tak Dipungut Biaya!

Namun, Abhan mengaku belum mendapat undangan tersebut. "Siap, siap (datang). Ya, silakan. Tapi sampai hari ini belum ada undangan," katanya.

Sebelumnya Wiranto akan mengundang Bawaslu dalam waktu dekat untuk membahas polemik tersebut.

"Saya akan undang dalam waktu dekat, secepatnya, untuk kita rapatkan bersama," ujar Wiranto saat dijumpai di Kompleks Istana Presiden Bogor Jawa Barat, Jumat (31/8/2018) sore.

"Sebagai menteri koordinator, saya ingin mengkoordinasikan pandangannya bagaimana, itu maksudnya bagaimana, kalau ada perubahan, apa sih alasannya," lanjut dia.

Baca: Live Streaming SCTV Closing Ceremony Asian Games 2018 - Tayang Indosiar, TV One, Kompas TV, Trans7

Wiranto menegaskan bahwa Presiden Joko Widodo sangat berkomitmen dalam upaya pemberantasan korupsi. Oleh sebab itu, setiap kebijakan di tataran kementerian dan lembaga seharusnya sejalan dengan komitmen itu.

"Semangat antikorupsi, itu sudah menjadi bagian dari pemerintahan Pak Jokowi sejak dulu. Oleh karena itu kembali lagi, agar menjaga nafas itu bagaimana? Tentu menggunakan satu koordinasi yang baik, sehingga semuanya satu suara, satu semangat," ujar Wiranto.

Ia juga mengatakan bahwa kesamaan langkah antara komitmen Presiden Jokowi dengan kebijakan di tingkatan bawah juga agar memberikan kepastian kepada masyarakat.(Kompas)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bawaslu Siap Bertemu Wiranto Bahas Polemik Bakal Caleg Eks Koruptor"

(Penulis : Dylan Aprialdo Rachman/KOMPAS)

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved