Olahan Urine Sapi Ala Petani Tanahbumbu

Petani Asal Tanahbumbu Ungkap Rahasia Produksi Beras Organiknya Selama Ini

Penggunaan pestisida alami dari hasil fermentasi urine sapi dapat dikatakan unik, namun ternyata juga miliki manfaat yang besar.

Petani Asal Tanahbumbu Ungkap Rahasia Produksi Beras Organiknya Selama Ini
istimewa
Para petani anggota Kelompok Tani Sidodadi asal Desa Karang Mulya, Kabupaten Tanahbumbu persiapkan alat tanam padi organiknya 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Penggunaan pestisida alami dari hasil fermentasi urine sapi dapat dikatakan unik, namun ternyata juga miliki manfaat yang besar.

Selain manfaat perangi hama dan penyakit pada tanaman padi yang sudah dibuktikan oleh para petani di Desa Karang Mulya, Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan (Kalsel), tapi hal ini juga dukung petani produksi beras organik.

Dipadukan dengan penggunaan pupuk yang juga organik berasal dari fermentasi kotoran sapi, kini beras hasil produksi para petani di Tanbu ini diklaim 99 persen organik.

Baca: Jadwal & Klasemen MotoGP Mizano Italia 2018 Live Trans 7, Adu Komentar Marquez dan Bos Yamaha

Baca: Klasemen dan Perolehan Medali Jelang Penutupan Asian Games 2018, Indonesia Kokoh di Posisi 4

Dijelaskan Ketua Kelompok Tani Sidodadi di Desa Karangmulya, Marjuni, setelah dilakukan pengujian di sebuah lab di semarang, beras produksi para petani ini sudah dikategorikan 99 persen organik.

"Kami sudah pernah bawa sampel beras kami sekitar 8 kilogram di lab Semarang dan 99 persen organik hasilnya," kata Marjuni.

Baca: Jadwal Lengkap dan Rundown Penutupan (Closing Ceremony) Asian Games 2018, Jokowi Tak Hadir

Baca: Pelatih Mario Gomez Ungkap Alasan Persib Bandung Bisa Terganjal Jadi Juara Liga 1 2018

Tak heran, Ia dan para petani lainnya di Kelompok Tani Sidodadi berani ditantang untuk bandingkan hasil produk dan rasa nasi dari beras yang diproduksinya.

"Boleh dicoba sendiri, jika dibandingkan dengan beras biasa yang dipupuk dan gunakan pestisida kimia ada rasa pahitnya. Punya kami tidak," kata Marjuni. (banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved