Olahan Urine Sapi Ala Petani Tanahbumbu

Petani di Tanahbumbu Kalsel Bisa Olah Urine Sapi Jadi Produk Ini

Unik, bukan menggunakan produk pestisida yang dijual di pasaran pada umumnya, petani di Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan.

Petani di Tanahbumbu Kalsel Bisa Olah Urine Sapi Jadi Produk Ini
istimewa
Para petani di Tanbu, Kalsel yang berhasil olah dan manfaatkan urine sapi sebagai pestisida alami

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Unik, bukan menggunakan produk pestisida yang dijual dipasaran pada umumnya, petani di Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan (Kalsel) justru gunakan urin sapi sebagai pestisida.

Hal ini dilakukan diantaranya oleh Marjuni dan Karyani petani di Desa Karang Mulya, Tanbu yang sudah 100 persen gunakan produk pestisida dari urin sapi.

Walaupun cukup sederhana, keduanya sudah membuktikan pestisida alami ini dinilai lebih efektif basmi penyakit dan hama pada tanaman padinya.

Baca: Klasemen dan Perolehan Medali Jelang Penutupan Asian Games 2018, Indonesia Kokoh di Posisi 4

"Kalau pakai pestisida biasa satu dua hari muncul lagi penyakitnya, kalau pakai urin sapi ini bisa tahan lebih lama sampai satu minggu lebih baru diperlukan penyemprotan lagi," kata Marjuni.

Marjuni dan Karyani bersama para anggota kelompok tani lainnya di desanya secara rutin membuat sendiri pestisida alami ini dengan cara fermentasi.

Baca: Jadwal & Live SCTV Penutupan (Closing Ceremony) Asian Games 2018, Siapkan 75 Ribu Tiket

Sedangkan untuk cara penggunaannya menurutnya tidak berbeda dibanding pestisida lainnya yaitu dengan dicampur air dan disemprot langsung pada tanaman padi.

(banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved