Berita Balangan

Alat Ukur, Takar, dan Timbang di Kabupaten Balangan Ditera Ulang

Alat ukur, takar, timbang dan perlengkapan lainnya milik pedagang di Kabupaten Balangan ditera/tera ulang.

Alat Ukur, Takar, dan Timbang di Kabupaten Balangan Ditera Ulang
istimewa
jajaran dinas pedagangan saat melakukan giat Pelayanan Tera/Tera Ulang Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Alat ukur, takar, timbang dan perlengkapan lainnya milik pedagang di Kabupaten Balangan ditera/tera ulang.

Kegiatan bertajuk Pelayanan Tera/Tera Ulang Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) ini telah dilaksanakan oleh Dinas Perdagangan Kabupaten Balangan sejak tanggal 27 s/d 31 Agustus 2018.

Saat dikonfirmasi banjarmasinpost.co.id, Syahridha Elyani selaku Kasi Pelayanan di Bidang Kemetrologian dan Pengawasan Perdagangan membenarkan adanya kegiatan tersebut.

Baca: Senangnya BCL dan Tike Priatnakusumah Foto Bareng Super Junior, Tike: Akhirnya Penantian 6 Tahun

Lebih lanjut disampaikannya, bahwa kegiatan ini tak hanya menyasar pedagang di Paringin tetapi juga beberapa kecamatan lainnya.

Disebutkannya, untuk alat ukur, takar, timbang dan perlengkapan lainnya yang ditera/tera ulang di Kecamatan Batumandi ada 20 alat UTTP, Kecamatan Lampihong 50 alat UTTP, Pasar Sirap Juai 50 alat UTTP, Pasar Induk Paringin 60 alat UTTP, dan Pasar Tradisional Adaro 70 alat UTTP.

Baca: Ustadz Abdul Somad Batalkan Jadwal Ceramahnya di Jatim, Jateng dan Yogyakarta, Sebut Hal Ini

"Pedagang atau pengguna alat UTTP menyambut baik layanan tera/tera ulang, tingkat partisipasi pedagang dalam kegiatan tera ulang ini sangat tinggi," ungkapnya.

Menurutnya hal itu bisa dilihat dari jumlah pedagang yang menera/tera ulang timbangannya.

Lebih lanjut dikatakannya, pihak Dinas Perdagangan sangat berharap support dari pemkab agar kegiatan ini bisa dilaksanakan rutin setiap tahun, dan bisa lebih banyak lagi yang difasilitasi.

Baca: Raffi Ahmad Peluk DJ Dinar Candy, Billy Syahputra Bereaksi Seperti Ini, DJ Candy Balas Merangkul

"Kegiatan tera/tera ulang tahun ini juga disupport dana sebagian besar dari Balai Standardisasi Metrologi Legal Regional III Banjarmasin," ujarnya.

Karena melalui kegiatan ini bertujuan untuk melindungi kepentingan umum di sektor perdagangan, oleh karennya perlu adanya jaminan dalam kebenaran pengukuran, serta adanya ketertiban dan kepastian hukum dalam pemakaian satuan ukuran, standar satuan, metode pengukuran alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP).

Namun saat ini Balangan masih belum punya tenaga penera dan pengawas, padahal mulai tahun 2019 nanti UU sudah menuntut semua daerah bisa mandiri.

"Saat ini Dinas Perdagangan hanya bisa mengusulkan melalui Badan Kepegawaian Daerah," pungkasnya.

(banjarmasinpost.co.id/muhammad elhami)

Penulis: Elhami
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved