Bumi Antaluddin

Dahnial Pimpin Sidang Panitia Pertimbangan Landreform

Penjabat Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Dahnial Kifli membuka sekaligus memimpin jalannya sidang panitia pertimbangan

Dahnial Pimpin Sidang Panitia Pertimbangan Landreform
istimewa/kominfo hss
Penjabat Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Dahnial Kifli membuka sekaligus memimpin jalannya sidang panitia pertimbangan Landreform Kabupaten HSS, Senin, (3/9). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Penjabat Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Dahnial Kifli membuka sekaligus memimpin jalannya sidang panitia pertimbangan Landreform Kabupaten HSS, Senin, (3/9).

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang Kabupaten HSS.

Sidang ini membahas masalah area luasan tanah bekas kawasan hutan yang masuk dalam wilayah di Desa Batu Laki Kecamatan Padang Batung.

Pada kegiatan ini juga dihadiri Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten HSS Syamsu Wijana, Perwakilan Unsur Forkopimda HSS, Para Kepala SKPD terkait, Camat Padang Batung dan Kepala Desa Batu Laki.

Pada kegiatan ini juga dihadiri Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten HSS Syamsu Wijana

Pada kegiatan ini juga dihadiri Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten HSS Syamsu Wijana

(istimewa/kominfo hss)

Tujuan pembagian tanah atau redistribusi Tanah Obyek Landreform (TOL) adalah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya penggarap tanah dengan cara mengadakan pembagian tanah pertanian yang adil atas sumber penghidupan masyarakat berupa tanah serta memberikan kepastian hukum atas tanah yang telah digarapnya.

PJ Bupati HSS H Dahnial Kifli berharap hasil sidang akan menghasilkan ketentuan yang jelas bagi masyarakat Batu Laki dan harus disosialisikan oleh Kepala Desa sebagai ujung tombak.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang Kabupaten HSS.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang Kabupaten HSS.

(istimewa/kominfo hss)

Pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Badan Pertanahan Nasional, serta Kantor Pertanahan Kabupaten HSS, atas segala kemudahan yang diberikan kepada masyarakat melalui program dan kegiatannya selama ini.

Satu di antaranya adalah melalui pendistribusian tanah negara objek landreform.

Kepada para penerima redistribusi tanah, Pj Bupati berharap agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan pembagian tanah ini diharapkan dapat digarap sesuai dengan peruntukannya.

Dahnial juga meminta untuk tetap menjaga terlaksananya tujuan dari redistribusi tanah ini.

Pihaknya berharap kepada masyarakat penggarap untuk mengusahakannya secara aktif, jangan sampai nantinya terjadi pemindahan hak atas tanah tersebut, baik sebagian ataupun seluruhnya.

Kalaupun nantinya dipindahkan, harus sudah memenuhi jangka waktu yang ditentukan serta memperoleh izin dari pihak Kantor Pertanahan.

Kepala Badan Pertanahan Nasional Kandangan Syamsu Wijana menyatakan rencana tanah yang akan ditegaskan menjadi TOL adalah seluas 1.337 Ha hasil dari pemetaan keliling di Desa Batu Laki Kecamatan Padang Batung.

Tanah tersebut akan diredistribusikan kepada penggarap melalui pembagian hak kepada penggrap sebanyak 366 keluarga/1000 bidang berdasarkan hasil identifikasi.

Tanah yang diusulkan penegasannya tersebut adalah tanah yang dikuasai dan dimanfaatkan oleh para penggarap yang berasal dari pelepasan kawasan hutan sesuai dengan berita acara tata batas enclave kawasan hutan Padang Batung I dan II. Tanah tersebut merupakan tanah Negara bekas kawasan hutan. (AOL/*)

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved