Berita Kabupaten Banjar

Dinas Pendidikan Banjar Beri Harapan Ini Bagi Guru Honor di Perbatasan Terpencil

H Gusti Ruspannoor mengatakan, pihaknya tahun ini akan mencoba memproses pengangkatan guru honor menjadi tenaga kontrak kabupaten

Dinas Pendidikan Banjar Beri Harapan Ini Bagi Guru Honor di Perbatasan Terpencil
Ilustrasi guru mengajar 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kabar gembira bagi para guru honor yang mengabdi di perbatasan Kabupaten Banjar, Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar akan mengusulkan kepada tim anggaran agar guru di daerah terpencil bisa meningkat pendapatannya melalui diangkat menjadi tenaga kontrak.

H Gusti Ruspannoor mengatakan, pihaknya tahun ini akan mencoba memproses pengangkatan guru honor menjadi tenaga kontrak kabupaten. Terutama guru honor yang mengabdi di daerah perbatasan.

Disebutkannya seperti di Desa Sungai Pinang atas, Paramasan dan Aranio atas, diakuinya masih banyak guru honor. Dia juga menyebutkan, jumlah guru yang masih berstatus honor ratusan orang.

Baca: Sujiwo Tejo Sebut Rantai Kekacauan Soal Ustadz Abdul Somad Batalkan Ceramah Karena Dugaan Intimidasi

“Memang seperti diketahui bersama, kalau status masih guru honor maka gajinya hanya dari sekolah, mungkin antara Rp 200 ribu sampai Rp 500 ribu per bulan. Sedangkan untuk guru kontrak per bulan sekitar Rp 1.200.000,” katanya, Senin (3/9).

Baca: Najwa Shihab dan Erick Thohir, Dua Nama Calon Ketua Timses Jokowi-Maruf: Sudah Ada Komunikasi

Pihaknya akan mengusulkan melalui tim anggaran, kemudian berproses untuk minta persetujuan DPRD Kabupaten Banjar. Jika sudah disetujui, barulah akan membuka tahapan seleksi.

“Mudah-mudahan disetujui, tahun ini bisa langsung realisasi. Kalau bisa Desember kami sudah bisa membuka seleksi,” imbuhnya.

Dia mengatakan, jika guru sudah menjadi tenaga kontrak maka sudah bisa mengantongi yang namanya nomor NIK dan jika sudah mengabdi lebih dari empat tahun maka bisa saja mendapatkan sertifikasi. Namun kembali ditegaskannya, bagi yang sudah memenuhi persyaratan-persyaratan.

Baca: Kagetnya Anies Baswedan Saat Kunjungi Jonatan Christie karena Lihat Kondisi Rumahnya

Sekda Kabupaten Banjar, H Nasrun Syah berjanji akan mencek permasalahan sebenarnya yang dihadapi guru honor di perbatasan. Dirinya akan mengordinasikannya dengan dinas pendidikan Kabupaten Banjar.

“Mudahan ada solusinya. Atas nama Pemkab Banjar, mengucapkan terimakasih atas pwngabdiannya di wilayah terpencil dan mudah-mudahan menjadi ibadah,” katanya.

Dirinya pun menginginkan agar guru-guru honor di daerah terpencil bisa mendapatkan perhatian lebih.

Seperti ramai di wall media sosial akun facebook Habar Banua +, sudah 12 tahun Trianti jadi tenaga honorer di sekolah perbatasan Kabupaten Banjar dan Tanah Bumbu, letak sekolahnya masuk wilayah Kabupaten Banjar yang tepatnya di Desa Belimbing Lama Kecamatan Sungai Pinang.

Trianti sangat mengharapkan bisa menjadi tenaga kontrak, karena tenaga honorer di sekolah tersebut hanya Rp 500 ribu per bulan. Kehidupan di desa sangat jauh dipedalaman hutan, tidak ada sinyal telpon seluler dan listrik. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help