Berita Banjar

Uji Coba Bawang Merah di Kahelaan Berhasil, Pemprov Tambah Luas Tanam

Tanah maupun iklim di Desa Kahelaan Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Banjar ternyata cocok untuk dikembangkan budidaya bawang merah.

Uji Coba Bawang Merah di Kahelaan Berhasil, Pemprov Tambah Luas Tanam
istimewa/Kominfo Banjar
Hasil uji coba penanaman bawang merah di Desa Kahelaan, Kecamatan Sungai Pinang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA -  Tanah maupun iklim di Desa Kahelaan Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Banjar ternyata cocok untuk dikembangkan budidaya bawang merah. Buktinya, hasil uji coba yang dilakukan dikawasan tersebut berhasil.

Keberhasilan ini pun direspon Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalsel dengan menambah menambah luas tanam bawang merah dari semula satu hektar menjadi lima hektar.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Banjar, HM Fachry mengatakan, Dinas TPH Provinsi Kalsel sangat gembira dengan keberhasilan ujicoba tanam bawang merah di Desa Kahelaa, sehingga pada tahun depan bakal mendukung dengan anggaran APBD Kalsel untuk luasan lahan lima hektar.

“Kami juga mengajukan bantuan pengembangan kepada Kementerian Pertanian dan juga mendapat respon bagus. Namun syaratnya harus menumbuhkan dahulu tanaman minimal seluas lima hektar baru kementerian akan mengembangkannya hingga 25 hektar,” katanya, Senin (3/9/2018).

Baca: Begini Kronologis Penangkapan Kawanan Pencuri Sarang Walet di Lamandau, Polisi Pun Tembak Pelaku

Baca: Bahas KUA PPAS Perubahan Antara Eksekutif dan Legislatif, Dewan Larang Wartawan Meliput

Dia menjelaskan, rencana pihaknya tetap akan memilih lokasi di Desa Kahelaan yang sudah berhasil mengembangkan budidaya bawang merah. Kawasan tersebut, akan dijadikan sentra budidaya bawang merah di Kabupaten Banjar.

Selain itu, pengembangan bawang merah juga dilakukan oleh petani di Desa Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat. Areal tanam seluas kurang lebih satu hektar, merupakan swadaya petani namun tetap dikawal secara teknis oleh Dinas TPH Banjar.

“Rencananya, pada bulan ini, akan mulai dilakukan penanaman bawang merah di Desa Sungai Batang. Tentunya berharap, meskipun merupakan swadaya petani sendiri, budidaya bawang merah di sana juga akan berhasil sebagaimana di Kahelaan,” ujarnya.

Petani Desa kahelaan Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Banjar, berhasil mengembangkan tanaman bawang merah varietas Brebes. Hasil panen cukup bagus yakni dari satu hektare lahan menghasilkan sekitar enam ton bawang merah, dengan waktu tanam sekitar 65 hari.

Baca: NEWSVIDEO - Penampungan Sementara Pasar Hanyar Ini Siap Ditempati Pedagang Pasar Modern Barabai

Petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Sri Rejeki di bawah naungan Gapoktan Harapan Masa, menanam bawang merah pada musim kemarau di lahan pegunungan, namun dekat dengan sumber air yakni sungai, sehingga mudah dalam penyiraman.

Keberhasilan tersebut diapresiasi oleh Bupati Banjar H KHalilurrahman.

Bupati pun berharap, bawang merah bisa terus dikembangkan di Kabupaten Banjar, sehingga menjadi alternatif penghasilan petani di Kabupaten Banjar. (banjarmasinpost.co.id/hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved