Berita Tanahlaut

Kades Ambungan Dijebloskan ke Tahanan di Polres Tanahlaut, Diduga Terkait Korupsi Dana Desa

Penahanan terhadap tokoh masyarakat Desa Ambungan itu diduga untuk kepentingan penyidikan perkembangan kasus dana desa 2015-2016

Kades Ambungan Dijebloskan ke Tahanan di Polres Tanahlaut, Diduga Terkait Korupsi Dana Desa
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Kapolres Tanahlaut AKBP Sentot Adi Dharmawan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Mantan Kepala Desa Ambungan periode 2012-2018, Salim ruang geraknya dibatasi karena ditahan Unit Tindak Pidana Satreskrim Polres Tanahlaut.

Penahanan terhadap tokoh masyarakat Desa Ambungan itu diduga untuk kepentingan penyidikan perkembangan kasus dana desa 2015-2016 yang sebelumnya menjerat tiga bendahara desa Ambungan.

Tiga bendahara desa Ambungan, sudah berstatus terdakwa dan menjalani proses sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di Pengadilan Negeri Banjarmasin.

Kapolres Tanahlaut AKBP Sentot Adi Dharmawan dikonfirmasi reporter banjarmasinpost.co.id, membenarkan bahwa mantan Kepala Desa Ambungan dikenakan penahan di rumah tahanan Polres Tanahlaut.

Baca: Menikah dengan Habib Usman, Ternyata Kartika Putri Sudah Punya Anak, Lihat Foto-fotonya

Baca: Maia Estianty dan Mulan Jameela Terlihat Ngobrol di Ultah Al, Ahmad Dhani : Maia Mau Berhijab

Baca: Pernyataan Menag Lukman Hakim Soal Ustadz Abdul Somad yang Batal Ceramah karena Dugaan Intimidasi

"Betul sudah kita tahan untuk kasus korupsi dana desa tahun 2015," ujar Kapolres Tanahlaut AKBP Sentot Adi Dharmawan, Selasa (4/9/2018).

Tokoh masyarakat Desa Ambungan, Muhyar mengaku penahanan mantan Kepala Desa Ambungan itu diketahui sejak Kamis lalu.

Menurut Muhyar, penahanan mantan kepala desa Ambungan itu berdampak luas. Itu membuat Sekretaris Desa Ambungan, Rina menghilang dari Kantor Pemerintah Desa Ambungan.

"Harusnya kepala desa habis masa jabatan, sebelum ditentukan pejabat sementara diangkat pelaksana tugas. Ini Sekretaris Desa tidak ada di kantor. Buntutnya beras sejahtera untuk warga tak mampu belum terbagi.

Warga di Dusun Jayau ini bagaimana mau mengambil kalau belum dibagikan aparat desa Ambungan. Penjabat sementara kepala desa belum juga ada," kata dengan nada kecewa.

Baca: Cak Imin Ngaku Bela Ustadz Abdul Somad yang Batalkan Jadwal Ceramahnya karena Diduga Intimidasi

Baca: Kartika Putri Dapat Sebutan Baru Dari Ketiga Putra Habib Usman bin Yahya Usai Resmi Menikah

Baca: Pertanyaan Maia Estianty pada Mulan Jameela Dibocorkan Ahmad Dhani, Sebut Soal Bakal Baikan

Camat Pelaihari, Ahmad Nopriady mengaku pejabat sementara Kepala Desa Ambungan sedang dalam proses. Itu karena surat keputusan pengangkatan dari tenaga PNS dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanahlaut.

"Secepatnya ditunjuk pejabat sementara Kepala Desa Ambungan. Kepala Desa sebelumnya sudah habis jabatannya, Juni 2018 lalu.

Saya mengimbau kasus mantan Kepala Desa Ambungan menjadi pelajaran bagi kepala desa yang aktif agar berhati-hati mengelola dana desa, jika tidak ingin berurusan dengan aparat penegak hukum," katanya. (banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved