Senin Kaligrafi

Kaligrafi Bikinan Ihsan Menghiasi Masjid-masjid di Banjarmasin, Sekalian Jadi Tabungan Akhirat

Pandai Melukis Kaligrafi Membawa Rezeki Bagi Ihsan, Bisa Pula Jadi Tabungan Akhirat

Kaligrafi Bikinan Ihsan Menghiasi Masjid-masjid di Banjarmasin, Sekalian Jadi Tabungan Akhirat
banjarmasinpost.co.id
M Ikhsan SAg, warga Jl Mahligai Komplek Puskoppolda, Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar yang berprofesi sebagai seniman kaligrafi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kaligrafi adalah seni menulis indah yang dibentuk dengan mengutamakan keindahan yang terdapat pada bentuk huruf yang telah dimodifikasi atau digayakan sehingga mempunyai nilai estetika.

Berasal dari bahasa inggris; caligraphy yang berarti beautiful hand writing. Bahasa latin; calios: indah dan graph: tulisan, jadi artinya adalah tulisan indah. Kaligrafi dalam bahasa Arab disebut al-khoth, yang berarti guratan garis atau tulisan.

Baca: Maia Estianty dan Mulan Jameela Terlihat Ngobrol di Ultah Al, Ahmad Dhani : Maia Mau Berhijab

Salah seorang penggiat kaligrafi bahasa Arab adalah Muhammad Ihsan S.E.I, warga Jalan Mahligai Komplek Puskoppolda, Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar.

Alumnus IAIN Antasari ini sejak 2007 menjadikan seni kaligrafi sebagai profesi. Sudah banyak kaligrafi ia kerjakan untuk sejumlah masjid, mushola, kantor dan rumah pribadi.

"Berawal dari hobi menulis indah huruf Arab. Sejak madrasah aliyah saya tekuni seni ini, hingga kemudian saat kuliah saya ikut sanggar kaligrafi," ujar ayah dua anak tersebut.

Kaligrafi adalah seni menulis indah yang dibentuk dengan mengutamakan keindahan yang terdapat pada bentuk huruf.
Kaligrafi adalah seni menulis indah yang dibentuk dengan mengutamakan keindahan yang terdapat pada bentuk huruf. (banjarmasinpost.co.id)

Baca: Pernyataan Menag Lukman Hakim Soal Ustadz Abdul Somad yang Batal Ceramah karena Dugaan Intimidasi

Bimbingan para guru di sanggar membuat keterampilannya semakin terasah, pengetahuannya dalam menulis indah pun semakin mumpuni.

"Sejumlah lomba kaligrafi saya ikuti. Pernah juara 2 dan 3 tingkat Provinsi Kalsel dan masuk 7 besar nasional pada MTQ mahasiswa," jelasnya.

Selesai kuliah pada 2007, Ikhsan pun membulatkan tekada menjadikan seni kaligrafi sebagai tumpuan hidup. Apalagi namanya sudah banyak dikenal sebagai seniman kaligrafi.

Baca: BKN Aktifkan Situs Penerimaan CPNS 2018 Sscn.bkn.go.id, Penerimaan Akan Segera Digelar?

Motivasi Ikhsan menjadi seniman kaligrafi karena hobi ini bisa jadi peluang usaha, apalagi tidak banyak yang melakoni.

"Dalam kaligrafi Arab ada beberapa kategori kaligrafi yaitu naskah, mushaf, dekorasi dan lukis kontemporer," terang Ikhsan.

Halaman
12
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved