B Focus Economic

Per Hari, Bisnis Kudapan ini Bisa Raup omzet Penjualan Hingga Rp 1,1 Juta, Mau Tahu Rahasianya?

Pengusaha kuliner dengan konsep gerobak lainnya, Adi Pemilik Chicken Boy, gunakan strategi berbeda pada pemilihan lokasi usahanya.

Per Hari, Bisnis Kudapan ini Bisa Raup omzet Penjualan Hingga Rp 1,1 Juta, Mau Tahu Rahasianya?
BPost Cetak
bpost

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pengusaha kuliner dengan konsep gerobak lainnya, Adi Pemilik Chicken Boy, gunakan strategi berbeda pada pemilihan lokasi usahanya.

Dengan mengandalkan produk kudapan olahan daging Ayam dan modal awal Rp 12 juta, Adi lebih memilih lokasi dagangnya lebih dekat ke pusat permukiman.

"Karena konsepnya makanan, jadi lebih dekat lebih mudah diakses di dekat rumah-rumah konsumen rasanya lebih pas," kata Adi.

Baca: Sambut Tahun Baru Islam 2018, Ini 10 Amalan Bulan Muharram, Mulai Puasa Hingga Sedekah

Dengan konsep ini, Adi mengaku perkembangan usahanya yang berlokasi di Jalan Cendana, Banjarmasin cukup pesat dari yang biasanya menghabiskan bahan baku tiga ekor ayam sehari menjadi sepuluh hingga tiga belas ekor ayam sehari.

Soal gerobak, Adi sengaja memilih desain gerobak dengan warna kuning terang agar menarik rasa ingin tahu calon konsumennya.

Baca: Lama Bungkam Stuntman Jokowi Minta Maaf, Pengakuannya Soal Video Pembukaan Asian Games 2018

Tidak dapat dikatakan murah, Adi habiskan kurang lebih separuh modalnya untuk membeli gerobak agar menarik dan lengkap dengan rak-rak penghangat ayam dalam etalase kaca.

Bermodal kurang lebih Rp 450 hingga Rp 600 ribu per hari, Chicken Boy bisa raup omzet penjualan Rp 800 ribu hingga Rp 1,1 juta perhari.

Baca: Mahfud MD Tolak Keras Ikut Gerakan Ganti Presiden di Pilpres 2019, Ternyata Lebih Pilih Ini

Dari total keuntungan, Adi sangat memperhatikan alokasi dana untuk pengembangan usaha.

Dimana komponen ini cukup besar sebanyak 40 persen dari keuntungan.
Sisanya, Adi alokasikan untuk keperluan sewa tempat dan gaji karyawan.

"Sebanyak 40 persen untuk pengembangan baik ditabung atau riset kecil-kecilan untuk kembangkan bisnis ini. Bisa untuk buka cabang baru, renovasi gerobak atau menambah produk baru nantinya supaya usaha tidak jalan ditempat," kata Adi.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved